DBH Migas Bengkalis Turun Rp100 Miliar

Selasa, 30 Juli 2013 09:39
DBH Migas Bengkalis Turun Rp100 Miliar
BERTUAHPOS.COM, BENGKALIS – Dana Bagi Hasil (DBH) Minyak dan gas Kabupaten Bengkalis tahun 2013 ini. Pemkab hanya menargetkan DBH sebesar 2,687 triliun, atau lebih rendah Rp100 miliar dari DBH 2012 yang mencapai 2,7 triliun.
Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Bengkalis melalui Kepala Bidang Pendapatan Pajak dan Non Pajak Achyan SE, akhir pekan lalu.
“Rata-rata setiap tahun kita membuat prediksi serta asumsi terjadinya penurunan lifting produksi minyak bumi, berkisar antara 10 sampai 25 persen. Pada tahun 2013 ini target penerimaan dari dana perimbangan DBH minyak bumi sekitar Rp2,687 triliun, terjadi penurunan sekitar Rp100 miliar, dibanding yang diterima tahun lalu,” ujar Achyan.
Dikatakannya, pengurangan tersebut dikarenakan adanya sumur minyak di wilayah produksi khususnya PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) yang sudah tidak berproduksi, serta harga minyak di pasaran dunia yang cenderung mengalami penurunan atau tidak stabil.
Namun tidak tertutup kemungkinan, terjadi pencapaian target penerimaan dana perimbangan, bila sewaktu-waktu terjadi lonjakan kenaikan harga minyak mentah.
“Mudah-mudahan saja terjadi kenaikan harga jual minyak mentah di pasaran dunia, sehingga berdampak positif kepada penerimaan dari sektor pertambangan minyak bumi,” ujarnya  lagi.
(riau.go.id)