BPS Riau Sosialisasikan Perubahan Tahun Dasar PDB/PDRB

Rabu, 24 Desember 2014 15:50
BPS Riau Sosialisasikan Perubahan Tahun Dasar PDB/PDRB

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau menggelar Sosialisasi Perubahan Tahun Dasar PDB/PDRB Berbasis SNA 2008 di Aula Kantor BPS Provinsi Riau 24 Desember 2014.

Latar belakang adanya perubahan tahun dasar PDB/PDRB dikarenakan adanya pengaruh perekonomian global terhadap struktur perekonomian nasional dalam sepuluh tahun terakhir.

“Selain itu karena adanya rekomendasi perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk mengimplementasikan system of National Accounts 2008 (SNA2008) dalam penyusunan PDB/PDRB,” Ujar Joni Kasmuri Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Statistik BPS Provinsi Riau, Rabu (24/12/2014) sebagai narasumber.

Lebih lanjut di tuturkan Joni, pentingnya dilakukan perubahan tahun dasar PDB/PDRB tersebut juga untuk menjaga konsistensi antara pendekatan PDB dan memperkecil perbedaan antara PDB nasional dan PDRB.

Baca: BI Harus Bantu Pemprov Riau Cari Sumber-Sumber Ekonomi Baru

Sementara terpisah Kepala BPS Riau Mawardi Arsyad mengatakan dengan adanya perubahan tahun dasar dalam perhitungan PDB/PDRB dari tahun 2000 menjadi tahun 2010 perlu disosialisasikan dan kegiatan ini bertujuan agar data dan informasi statistik yang dihasilkan BPS dapat dipahami dengan baik. (yogi)