BPS Laporkan Kondisi Ekonomi Konsumen Meningkat

Selasa, 22 April 2014 06:54

BERTUAHPOS.COM, Indeks Tendensi Konsumen (ITK) nasional pada triwulan IV-2013 sebesar 109,64 artinya kondisi ekonomi konsumen meningkat dari triwulan sebelumnya. Peningkatan ini disebabkan oleh kenaikan semua komponen indeks, terutama peningkatan pendapatan.

Perbaikan kondisi ekonomi konsumen terjadi di semua provinsi di Indonesia. Provinsi yang memiliki ITK tertinggi pada triwulan IV-2013 adalah Provinsi Bali (ITK sebesar 115,03), sedangkan terendah adalah Provinsi Riau (ITK sebesar 105,06).

Pada triwulan I- 2014 kondisi ekonomi konsumen diprediksi akan meningkat (ITK sebesar 106,84). Perkiraan meningkatnya kondisi ekonomi konsumen pada triwulan mendatang terjadi di semua provinsi di Indonesia.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting mengemukakan bahwa pergerakan saham untuk sektor terkait di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk tiga bulan ini nampak menunjukkan pergerakan positif dimana indeks saham untuk sektor CONSUMER mengalami kenaikan sekitar + 7.21 % dalam 3 bulan terakhir. Sementara itu indeks komposit (Jakarta Stock Exchange Composite Index, JCI) untuk periode yang sama menunjukkan kenaikan sekitar 10.79 % dalam 3 bulan terakhir.

Baca: Naik Rp300 M, BI Sediakan Rp5 T Untuk Penukaran Uang Ramadan 2019

Indeks LQ45 yang merupakan indeks yang terdiri dari 45 saham Perusahaan Tercatat yang dipilih berdasarkan pertimbangan likuiditas dan kapitalisasi pasar dengan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan, juga menunjukkan sinyal yang positif. Indeks LQ45 mengalami kenaikan sekitar 11.14% dalam 3 bulan terakhir.

Sementara itu Jakarta Islamic Index (JII) yang merupakan indeks yang menggunakan 30 saham yang dipilih dari saham-saham yang masuk dalam kriteria syariah (Daftar Efek Syariah yang diterbitkan oleh Bapepam-LK) dengan mempertimbangkan kapitalisasi pasar dan likuiditas, menunjukkan kenaikan sekitar 9.4% dalam 3 bulan terakhir.(Vibis)