BI Buka Loket Penukaran Uang Mulai 14 Juni Nanti

Kamis, 08 Juni 2017 13:41

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Tingginya perputaran uang menjelang Lebaran Idul Fitri, itu sudah pasti. Momentumnya setahun sekali. Seperti tahun sebelumnya Bank Indoensia (BI) Perwakilan Riau membuka loket penukaran uang untuk masyarakat. 

Loket penukaran uang kertas ini akan dimulai pada tanggal 14 sampai 22 Juni 2017, di halaman Kantor BI Riau, Jalan Jendral Sudirman, Pekanbaru, Riau. Dengan waktu buka dan tutup dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. BI Bekerjasama dengan 30 perbankan umum secara bergiliran.

“Masing-masing akan ada 6 bank sehari. Penukaran uang ini untuk semua pecahan rupiah,” kata Kepala Kantor BI Perwakilan Riau, Siti Astiyah dalam konfrensi pers di ruang rapat BI, Kamis (8/6/2017). 

Ada sebanyak Rp 4,4 triliun rupiah disediakan. Disebar ke seluruh kabupaten dan kota di Riau, terbanyak di Pekanbaru. Penyediaan uang naik sedikit dari tahun sebelumnya hanya Rp 4,2 triliun atau 4,6%.

Baca: Mengenal Potensi Investasi Lewat Crowd Funding

Angka tersebut, kata Siti, setelah dibicarakan dengan seluruh bank terhadap kebutuhan uang di Riau. Diperkirakan juga jumlah peminat tukar uang juga meningkat pada tahun ini. 

Untuk rupiah pecahan kecil diusahakan uang emisi 2016. Kecuali nominal uang Rp 20.000 ke atas masih disediakan rupiah dengan emisi lama. “Kami juga buka layanan non tunai kliring sampai 23 Juni,” tambahnya. 

Kepada semua masyarakat, Siti Astiyah tetap meminta kehati-hatiannya dalam menukar uang. Diimbau agar tidak rukar uang dengan perorangan, karena dikhawatirkan ada uang palsu. Penukaran uang ini tidak dibebankan biaya apapun alias gratis. (bpc3)