Ayo Hemat Gaji dengan Langkah Ini

Rabu, 05 April 2017 07:41
Ayo Hemat Gaji dengan Langkah Ini

BERTUAHPOS.COM (BPC) – Memiliki gaji bulanan saja tidak akan membuat Anda memiliki kondisi finansial yang baik, Anda harus mulai menyisihkan gaji Anda untuk ditabung. Mulailah tanam kebiasaan menabung dari sekarang. Meskipun seringkali sulit dilakukan, tapi Anda harus ubah kebiasaan Anda mengahbiskan uang dengan sia-sia. Berikut ulasannya:

1. Tentukan Jumlah yang Akan Ditabung
Perhitungkan perkiraan semua prioritas pengeluaran Anda dalam sebulan dan juga semua aspek pengeluaran lainnya dengan teliti untuk memiliki perkiraan yang pasti. Bila sudah memiliki perkiraan yang teliti, Anda bisa lebih mudah dalam menentukan jumlah yang akan ditabung.

Advertisement

2. Miliki Tujuan yang Jelas
Anda harus memiliki tujuan yang cukup kuat untuk mengendalikan sifat boros Anda. Misalnya Anda menabung dengan tujuan untuk membeli rumah, mobil atau Anda memiliki target untuk memiliki uang sejumlah sekian pada beberapa tahun ke depan. Anda harus memiliki komitmen untuk terus mempertahankan tujuan itu.

3. Langsung Sisihkan Saat Terima Gaji
Bila Anda baru menyisihkan gaji ketika di akhir bulan, maka jumlah tabungan bulanan Anda belum tentu sama besarnya. Selain itu, dengan mulai menyisihkan gaji dari awal bulan, Anda bisa lebih baik dalam mengatur keuangan.

Baca: Tambahan Indikator di e-SIKAP Syarat Single Salary, BPKAD Riau: Itu Cara Menilai Kinerja, Enggak Apa-Apa!

4. Miliki Rekening Khusus Tabungan
Menyisihkan gaji untuk ditabung akan menjadi sangat sulit jika Anda tidak memiliki rekening khusus tabungan yang terpisah dengan rekening untuk kebutuhan harian Anda. Ketika sudah berkomitmen untuk menabung, Anda sebaiknya sudah harus memiliki minimal 2 rekening yang salah satunya dipakai khusus untuk tabungan saja.

5. Disiplin
Langkah terakhir yang juga merupakan langkah terpentingnya adalah disiplin. Disiplin merupakan kunci utama yang menentukan kesuksesan Anda dalam menabung. Itulah beberapa tips agar Anda dapat menabung dari gaji Anda. Semoga bermanfaat. (dtk/bpc3)