Antusiasme Tinggi, BI Tambah Jam Operasional Penukaran Uang

Rabu, 16 Juli 2014 07:48

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Peminat masyarakat yang menukarkan uang pecahan kecil di Pekanbaru sangat tinggi. Banyak diantara mereka yang memadati lokasi penukaran uang di Bank Indonesia (BI) bersama seluruh perbankan yang ada di Riau sejak 30 Juni lalu di kantor BI jalan Sudirman, Pekanbaru.

Bahkan, setiap hariya ada yang tidak kebagian nomor antrian karena jam operasional yang terbatas dari jam 8:00 sampai 12:00 di hari kerja.

Untuk mengatasi itu, Pimpinan BI cabang Pekanbaru, Selasa (15/7/2014) kemarin mengatakan, jika sampai ramadhan peminat uang pecahan kecil semakin tinggi, maka BI akan memperpanjang jam operasionalnya agar semua masyarakat kebagian uang pecahan kecil.

“Kita tidak membatasi antrian, hanya saja jam operasionalnya terbatas. Kita batasi itu bukan berarti stoknya gak cukup. Kalau diahir-ahir peminatnya semakin banyak, BI akan memperpanjang jam operasionalnya sesuai kebutuhan,” ujarnya.

Baca: OJK Catat Masyarakat Riau Mulai Melek Investasi

Untuk lebaran tahun 2014 ini, BI  menyiapkan uang tukaran sebanyak 4,8 triliun untuk memenuhi kebutuhan peredaran uang yang ada di Riau. Jadi, semua masyarakat yang ingin menukarkan uang dipastikan akan dapat bagian meski harus mengantri dulu.

Ditanya soal adanya penukaran uang pecahan di luar BI yang di perdagangkan di pinggiran jalan seperti tahun sebelumnya, Mahdi meminta sebaiknya agar masyarakat tetap melakukan penukaran di kantor BI atau kantor perbankan lainnya.

“Uang itu fungsinya sebagai alat tukar. Uang itu tidak boleh diperjual belikan dan bukan barang yang di perdagangkan. Uang itu adalah alat tukar yang nilainya sebesar nominal, Kalau barang itu ada harga jual dan harga belinya,”tandasnya. (syawal)