2015, BI Targetkan Pelosok di Riau Punya Agen Bank

Sabtu, 27 Desember 2014 14:13
2015, BI Targetkan Pelosok di Riau Punya Agen Bank

BERTUAHPOS.COM,PEKANBARU – Pada tahun 2015 Bank Indonesia berharap perluasan jaringan perbankan sudah menyentuh daerah-daerah pelosok.

“Karena saat ini baru sekitar 20 persen saja  masyarakat dewasa yang tersentuh dan melaksakan akses di perbankan,” terang Kepala BI Perwakilan Riau, Mahdi beberapa hari yang lalu.

Dan hal ini dikarenakan beberapa kendala, salah satunya adalah kendala distribusi chanel.

“Artinya outlet perbankkan sendiri tidak menjangkau seluruh wilyah yang ada di pelosok daerah khususunya di Riau,”katanya.

Baca: OJK Pastikan Perdagangan Saham Aman di Tengah Rusuh 22 Mei

Melihat hal tersebut BI melakukan beberapa kebijakan, seperti adanya layanan keuangan digital, dimana perbankan itu boleh bekerjasama dengan unit usaha yang ada di masyarakat.

Seperti unit usaha yang ramai orang berbelanja disana, maka perbankan boleh menjadikanya sebagai agent perbankkan disana. Artinya di unit usaha tersbut bisa dilakukan penarikan, manabung, dan kegiatan perbankan lainnya.

“Unit usaha tersebut untuk membantu bank sebagai perluasan jaringan,”katanya.

Dikatakan Mahdi, kita berharap hal tersebut dilakukan oleh seluruh perbankan, tetapi memang saat ini belum semua bank yang ada di Riau belum melakukan hal tersebut.

“Sampai Desember 2014 sudah ada 650 unit agent tersebar di seluruh Riau, dan kita sedang memetakan serta sudah kita komunikasikan kepada perbankan untuk tahun depan,” jelasnya.

Bank Indoesia targetkan pada tahun 2015 lebih banyak lagi unit perbankan dan agent-agent yang tersebar di seluruh Riau dari pada tahun ini.(yogi)

Â
Â