2013 Ekonomi Global Menurun, Ekonomi Riau Juga Melemah

Rabu, 15 Januari 2014 16:53

Bertuahpos.com, Pekanbaru – Penurunan ekonomi global menurunkan pertumbuhan ekonomi indonesia. Perekonomian Indonesia tahun 2013 di perkirakan tumbuh 5,7%, melambat dibandingkan pertumbuhan tahun 2012 sebesar 6,2%. Penurunan bersumber dari pertumbuhan ekspor rill yang masih terbatas dan perlambatan investasi khususnya investasi non bangunan.

Hal itu langsung diungkapkan Kepala Bank Indonesi (BI Riau) Mahdi Muhammad, Rabu (15/01/13) saat sharing bersama wartawan di Pekanbaru. Dikatakan mahdi, Pertumbuhan ekonomi global masih diliputi ketidak pastian. BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi global 2013 sebesar 2,94%. IMF dan Consnsus Forecast juga merevisi turun prediksi masing-masing menjadi 2,87% dan 2,93%.

“Perlambatan ekonomi tahun 2013 juga terjadi di hampir semua sektor ekonomi, rendahnya sektor PHR bersumber dari perlambatan sub sektor perdagangan karena masih rendahnya kinerja sektor penghasil barang. Pada sektor bangunan, kinerja melambat disebabkan oleh melambatnya aktifitas investasi dan konstruksi,” ujarnya.

Ditambahkan Mahdi, kinerja ekonomi Riau sepanjang tahun 2013 juga menunjukkan tren yang melambat jika dibandingkan dengan perkembangan tahun 2012. Rata-rata pertumbuhan tahun 2013, diperkirakan mencapai 2,16% atau berada dibawah tahun 2012 yang mencapai 3,56 persen.

Baca: Kenaikan Harga Elpiji Dongkrak Inflasi 0,5 Persen

“Dari sisi penggunaan kinerja perdagangan eksternal menjadi penyebab utamanya melemahnya perekonomian Riau. Sementara motor penggerak pertumbuhan berasal dari permintaan domestik khususnya konsumsi,” ungkap Mahdi. Selain itu, sambung Mahdi, dari sisi sektoral perlambatan utamanya didorong oleh menurunnya kinerja sektor perdagangan. Sejalan dengan melemahnya perekonomian nasional dan global. (Syawal)