CEK FAKTA: Rekruitment Karyawan PLN 2021 Hoaks

Rabu, 27 Januari 2021 15:54
CEK FAKTA: Rekruitment Karyawan PLN 2021 Hoaks

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Beredar di sosial media informasi terkait rekruitment umum PT PLN (Persero) tingkat SMA, SMK, Diploma III, IV dan S1 tahun 2021.

Dalam foto selebaran pengumuman itu dituliskan bahwa pihak PLN membuka rekruitmen untuk beberapa posisi yang dibuka. Diantaranya teknik mesin, teknik industri, teknik sipil, teknik elektro, teknik metalurgi, administrasi, cal centre, customer service, manajemen dan sekretaris.

Advertisement

Dalam selebaran itu juga dituliskan persyaratan umum dan persyaratan lainnya untuk para peminat yang ingin mengajukan lamaran. Selain itu, juga dicantumkan alamat email, bagi para pelamar untuk memudahkan dalam melakukan pendaftaran. Pengumuman mengenai rekruitmen karyawan PLN ini sudah beredar di banyak media sosial.

Berdasarkan hasil penelusuran Tim CEK FAKTA Bertuahpos,com pada, Rabu, 27 Januari 2021, dengan mengunjungi situs resmi pln.co.id. Dalam website itu memang ada informasi mengenai rekruitment untuk jenjang pendidikan SMA/SMK, namun perekrutan itu sudah ditutup sejak 2020 lalu, dan tidak ditemukan adanya informasi rekruitment umum PLN 2021.

BACA JUGA:  CEK FAKTA: Benarkah 1 Warga di Perbatasan Rohul dan Rohil Dapat 2 Surat Suara di Pilkada Serentak 2020

Baca: CEK FAKTA: Benarkah 37% PDRB Pelalawan Ditopang Petani?

Sebelumnya juga sudah beredar pernyatan dari PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (UIWRKR) yang menghimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap maraknya penipuan terkait rekrutmen yang mengatasnamakan PLN.

General Manager PLN UIWRKR Dispriansyah menyatakan, PLN tidak melakukan korespondensi terkait rekrutmen dan tidak memungut biaya apapun selama pelamar mengikuti seleksi yang diselenggarakan PLN.

Selain itu, tidak ada sistem reimbursement atau penggantian biaya transportasi dan akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan seleksi. “Untuk rekrutmen, PLN tidak pernah meminta atau mengutip biaya apapun kepada calon pegawai atau peserta yang mengikuti rekrutmen,” ujarnya.

Dispriansyah menegaskan, PLN hanya memiliki satu link resmi yang dikelola oleh PLN pusat untuk melakukan perekrutan pegawai melalui alamat web rekrutmen.pln.co.id.

BACA JUGA:  AMSI Riau Gelar Cek Fakta Debat Pilkada

Melalui web tersebut, pelamar dengan mudah dapat mengakses informasi tentang lowongan kerja yang dibuka serta pengumuman hasil seleksi calon pegawai PLN dapat dilihat disana.

“Tidak ada situs apapun selain di rekrutmen.pln.co.id sebagai media resmi PLN untuk penerimaan maupun panggilan calon pegawai. Jika ada, maka saya pastikan itu adalah penipuan, jangan terkecoh. Jadi, saya imbau silakan buka situs tersebut untuk info rekrutmen,” tutur Dispriansyah.

Lebih lanjut, dirinya menyampaikan, jika ada pengumuman rekrutmen PLN maka peserta akan diinformasikan melalui email [email protected]

Tim CEK FAKTA Bertuahpos,com juga menghubungi salah seorang pihak manajemen PT. PLN (Persero) kantor pusat di Jakarta. Dia menegaskan bahwa pihaknya perusahaan tidak pernah membuat pengumuman perekrutan karyawan melalusi sosial media.

BACA JUGA:  Cek Fakta, Kanal Khusus BertuahPos Untuk Informasi Bermutu

“Setiap pengumuman mengenai perekrutan selalu kami sampaikan melalui website pln.co.id. Selain dari situs itu tidak ada pengumuman tentang rekruitment PLN,” ujar Staf Kepatuhan PLN pusat Fendi.

Kesimpulannya, bahwa informasi rekruitmen umum PLN 2021 itu adalah informasi yang tidak benar atau hoaks. Masyarakat diminta untuk tidak percaya dan mengecek kembali setiap informasi tentang penerimaan karyawan mengatasnamakan PT PLN (Persero). (tim)

Berita Terkini

Minggu, 07 Maret 2021 23:05

The Magic of Thinking Success, Terjual Lebih Dari 30 Juta Eksemplar

Buku Laris Internasional, Sangat Rekomendasi

Minggu, 07 Maret 2021 17:38

Kasus Mafia Vaksin Covid-19 Palsu Dunia Terbongkar

Polisi menangkap empat tersangka.

Minggu, 07 Maret 2021 16:30

KPAI Sebut Banyak Siswa Putus Sekolah Akibat Pandemi Covid-19

“Secara data KPAI ada dua siswa yang meninggal selama semester genap tahun ajaran 2020/2021.”

Minggu, 07 Maret 2021 15:34

113 Izin Alih Fungsi Blok Rokan Dikebut Jelang Agustus 2021

Jelang alih kelola Blok Rokan

Minggu, 07 Maret 2021 15:03

The Magic of Thinking Big, Buku Terbaik Sepanjang Masa

Buku Terbaik Sepanjang Masa, Rekomendasi

Minggu, 07 Maret 2021 14:53

Noto Soeroto, Anomali Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Dalam konsep pikiran Noto, yang harus dicapai adalah Kerajaan Belanda Raya, dengan negara induk (Belanda) dan koloni-koloninya membentuk politik kolonial ideal

Minggu, 07 Maret 2021 14:32

BSI Dorong UMKM di Riau Melek QRIS, Transaksi Digital Bakal Jadi Gaya Hidup

Transaksi digital dengan QRIS

Minggu, 07 Maret 2021 12:30

Pandangan Rocky Gerung Bagaimana Elektabilitas AHY Bangkit Usai ‘Kudeta’

“Saya kira justru itu akan menaikkan simpati pada AHY.”