Cek Fakta, Kanal Khusus BertuahPos Untuk Informasi Bermutu

Senin, 07 Desember 2020 04:52
Cek Fakta, Kanal Khusus BertuahPos Untuk Informasi Bermutu

PEKANBARU, BERTUAHPOS.COM – Dalam rangka menekan dan meminimalisir informasi hoax maupun simpang siur, BertuahPos.com memberi ruang khusus Cek Fakta. Rubrikasi atau kanal ini, sebagai filter informasi yang ditemukan dan diverifikasi oleh tim Redaksi BertuahPos.com.

“Kita ingin di era serba internet, masyarakat Indonesia mendapatkan informasi yang jernih, berupa fakta dan data, serta dapat dipertanggung jawabkan. Nah, melalui kanal Cek Fakta ini, kita ikut mengambil bagian dalam rangka menyajikan informasi yang bermutu,” ujar Pemimpin Redaksi BertuahPos.com Junaidi.

Advertisement

Menurutnya, kanal Cek Fakta ini nantinya berisi tentang informasi – informasi yang sudah dilakukan cek fakta maupun kevalidan sebuah informasi yang ditemukan wartawan maupun tim redaksi bertuahpos.com dari berbagai saluran informasi.

Secara bertahap, BertuahPos.com akan menyajikan informasi – informasi yang telah dilakukan verifikasi, validasi dan pengecekan sebuah informasi yang telah beredar di tengah – tengah masyarakat. Apalagi jumlah informasi hoaxs yang beredar pun tentu banyak.

Baca: Cek Fakta Debat Pelalawan: Technopark Pelalawan Merupakan yang Terbesar di Indonesia?

“Ditengah lingkungan informasi yang begitu cepat serta serba gratis di internet maupun media sosial, tiap orang bisa menjadi produsen pesan. Namun disisi lain, banyak warga sulit membedakan informasi yang benar atau salah. Mana fakta dan mana hoaxs. Untuk itu kita bersama teman – teman media lainnya hadir,” ujar Junaidi.

HOAX

Seperti diketahui, berita bohong atau berita palsu atau hoaks (bahasa Inggris: hoax) adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. Disinilah peran Cek Fakta.

Dan tentunya, hal ini tidak sama dengan rumor, ilmu semu, maupun April Mop. Tujuan dari berita bohong adalah membuat masyarakat merasa tidak aman, tidak nyaman, dan kebingungan.

“Dampaknya beragam hingga membahayakan. Dalam kebingungan, masyarakat akan mengambil keputusan yang lemah, tidak meyakinkan, dan bahkan salah. Kita semua harus memerangi hoaxs ini. Kami berharap kanal Cek Fakta ini akan sangat berguna sekali bagi masyarakat maupun pembaca,” terangnya.

Beberapa jenis informasi hoaxs, atai misinformasi maupun disinformasi diantaranya, satire atau parodi.

Kemudian terdapat konten menyesatkan, konten tiruan, konten palsu dan konten salah serta konten yang dimanipulasi.(bpc1)