CEK FAKTA: Hoaks, Kepulan Asap Putih di Solok Selatan Akibat Kebakaran

Selasa, 16 Februari 2021 15:23
CEK FAKTA: Hoaks, Kepulan Asap Putih di Solok Selatan Akibat Kebakaran

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Beredar di Sosial Media (Sosmed) sebuah video berdurasi 1 menit 27 detik yang memperlihatkan kepulan asap putih membumbung tinggi ke udara, disebut akibat kebakaran di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

Dalam video tersebut, juga terdengar suara bergemuruh dari sumbar asap tersebut, dan diikuti dengan teriakan seseorang.

Advertisement

“Gila, gila. Suara yang luar biasa. Terjadi di PT Supreme Energy. Kabupaten Solok Selatan Provinsi Sumatera Barat,” teriak suara dalam video itu.

“Sungguh suara yang begitu keras. Entah apa yang terjadi di bumi kami ini.”

Baca: Cek Fakta Debat Pelalawan: Technopark Pelalawan Merupakan yang Terbesar di Indonesia?

Berdasarkan penelusuran tim CEK FAKTA Bertuahpos, fenomena asap membumbung tinggi ke udara dengan diikuti suara gemuruh keras terjadi sekitar seminggu yang lalu.

Dalam laman Facebook Solok Selatan INFO juga menyantumkan banyak link pemberitaan hasil klarifikasi dari pihak PT PT Supreme Energy Muara Laboh. 

Site Support Manager PT Supreme Energy Muara Laboh (SEML) Yulnofrins Napilus telah mengeluarkan pernyataannya yang dimuat di laman fajarsumbar.com, dan membenarkan bahwa kejadian itu sudah seminggu yang lalu.

Namun, memang videonya baru muncul kemarin dan membuat heboh jagat maya.

Video yang beredar di medsos tersebut adalah uji sumur yang dilakukan sehingga mengeluarkan uap air bukan gas dan dibuka steam sehingga mengeluarkan suara.

Video tersebut diambil oleh pihak rekan-rekan kontraktor.

Dengan demikian, kesimpulannya bahwa asap putih yang mengepul di kawasan PT Supreme Energy Muara Laboh, hasil dari kebakaran adalah hoaks. (tim)