Sumatera Hingga Sorong Alami Pemadaman Listrik, Ini Penjelasan Bos PLN

Kamis, 17 Oktober 2013 00:52

BERTUAHPOS.COM, JAKARTA  – Sejumlah daerah, baik di Sumatera, Depok, Bogor, Makassar, hingga Sorong mengalami pemadaman listrik. Apakah Indonesia saat ini sedang mengalami krisis listrik?

“Kondisi listrik di Indonesia cukup, secara nasional pasokannya cukup. Memang ada beberapa daerah yang beberapa hari terakhir mengalami pemadaman, namun masing-masing masalahnya berbeda-beda,” kata Direktur Utama PT PLN (Persero) Nur Pamudji seperti dikutip, Kamis (17/10/2013).

Nur mencontohkan, kondisi di Sumatera Utara memang saat ini memang pasokan listriknya sedang defisit. “Untuk mengatasi defisit listrik tersebut PLN telah mendatangkan genset dari luar Sumatera dengan total kapasitas sebesar 150 mega watt (MW),” ujar Nur.

Selain beberapa masalah seperti terlambatnya penyelesaian dua proyek PLTU dan perawatan beberapa pembangkit di Sumatera, pertumbuhan konsumsi listrik masyarakat di daerah tersebut sangat tinggi.

Baca: 6 Segmen Masalah Tapal Batas di Riau Belum Selesai

“Selain masalah teknis tadi, pertumbuhan konsumsi dan permintaan listrik di Sumaterra Utara memang tinggi sekali, sangat tinggi, 15% dalam setahun (sementara PLN hanya menargekan pertumbuhan konsumsi listrik di daerah tersebut hanya 9%),” ungkap Nur.

Sementara terkait pemadaman listrik yang terjadi di Makassar sehingga membuat masyarakat demo di kantor PLN, karena kesal karena pemadaman tersebut. Masalahnya karena ada gangguan jaringan listrik.

“Kalau di Makassar itu masalahnya dikarenakan ada gangguan jaringan listrik,” katanya.

“Sedangkan pemadaman yang terjadi di Depok karena ada perbaikan beberapa gardu listrik dan memakan waktu (perbaikannya hingga 35 hari ke depan), kalau di Sorong juga ada gangguan jaringan, tapi semuanya sudah dalam penanganan,” tutupnya.(detik.com)