Strategi Percepatan Belanja Tengah Disusun, Pemerintah Klaim Ini

Jumat, 21 Agustus 2020 18:00
Strategi Percepatan Belanja Tengah Disusun, Pemerintah Klaim Ini
Grafis: Net

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemerintah pemerintah tengah menyusun strategi percepatan belanja negara pada semeter kedua 2020, untuk dorong perbaikan kondisi ekonimi.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengklaim strategi percepatan ini dianggap cukup efektif untuk pemulihan ekonomi pada triwulan III/2020. “Strategi ini akan menggunakan berbagai cara ekstra,” klaimnya.

Advertisement

Dia juga mengklaim pemerintah menyiapkan sistem monitoring dan evaluasi rutin secara reguler dan dilakukan secara terkoordinasi.

Disebutnya upaya ekselerasi belanja dalam rangka perbaikan ekonomi di tengah pandemi juga akan diupayakan dari berbagai aspek. Salah satunya dari sisi ketenagakerjaan melalui program karta pra kerja.

Baca: BPS: 2 Bulan Berturut-Turut Riau Deflasi

Sedang dari aspek pangan dan pertanian, pemerintah mengklaim telah berhasil doro PDB pada triwulan II/2020 dengan pertumbuhan 2,19%.

Hal lain masih di sektor ini, yakni dengan membangun proyek kasasan food estate berbasis corporate petani di lahan rawa Kalimantan Tengah yang kini masih dalam tahap pengembangan.

Upaya lain ialah mendorong sentimen positif kepada investor dan mempercepat pemulihan ekonomi dari aspek industri-perdagangan, dengan memberikan berbagai fasilitas investasi. (bpc2)