SSK Bidik Target Naik 10 Persen di Akhir Tahun

Rabu, 27 Agustus 2014 16:04

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pasca lebaran, jumlah penumpang yang datang dan pergi dari Bandara Sultan Syarif KAsim (SSK) II menurun dibanding tahun lalu. Hal tersebut dikarenakan seiring jumlah flight yang berkurang dari sekitar 80 menjadi 60 penerbangan satu hari.

Hal tersebut disampaikan Airport Duty Manager SSK II, Ibnu Hasan saat ditemui bertuahpos.com diruang kerjanya. “Untuk pasca lebaran sebenarnya masih normal seperti biasa. Namun memang menurun usai lebaran kemarin,” ujarnya Rabu (27/08/2014).

Sambung Ibnu untuk arus penumpang yang datang dan pergi saat ini masih di kisaran 8000. “Banyak faktor memang, salah satunya kita mengalami penurunan flight, pada 2013 mencapai 80 penerbangan satu hari, kini hanya 60 penerbangan,” jelasnya.

Selain itu penurunan jumlah penumpang bisa dikarenakan faktor ekonomi. “Sebenarnya pengaruh banyak. Kalau jumlah pesawat tidak begitu pengaruh, selagi rute yang dilayani merupakan favorit. Faktor utama memang masalah ekonomi,” paparnya.

Baca: Sekda: Pajak Pertalite Riau Tidak Bisa 0 Persen

Dirinya mencontohkan pada momen lebaran, pihaknya memprediksi kenaikan penumpang 10 persen, namun di lapangan malah minus 4 persen. “Lebaran 2014 kemarin minus 4 persen dibandingkan tahun 2003. Jadi lebih karena faktor ekonomi,” sebutnya.

Namun dirinya memperkirakan jumlah penumpang akan terus meningkat, apalagi menjelang momen natal dan tahun baru. “Kita tetap berharap untuk momen natal dan tahun baru kembali meningkat 10 persen,” tutupnya. (riki)