Sidogiri, Koperasi Syariah di Pekanbaru

Selasa, 08 April 2014 13:07
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Ternyata bukan hanya dunia perbankan yang bisa menganut sistem syariah. Koperasi pun bisa dijalankan secara syariah, seperti Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT-UGT Sidogiri, Cabang  Pekabaru.
 
Agung, salah satu teller Koperasi Sidogiri, Selasa (08/04/2014) menjelaskan koperasi berbasis syariah yang ada di Jalan Delima Panam ini merupakan cabang pertama di Pekanbaru.  Adapun produk yang ditawarkan berupa tabungan dan sistem pembiayaan.
 
“Kalau di sini ada produk tabungan dan pembiayaan. Untuk tabungan syariah bisa diambil kapan saja, tetapi untuk  yang lainnya seperti tabungan haji, umrah dan Idul Fitri  pengambilannya memilki jangka waktu tertentu,”ujar Agung kepada bertuahpos.com.
 
Koperasi Sidogiri juga memiliki pembiayaan dengan basis jual beli bagi hasil. Syaratnya, harus wajib menjadi anggota koperasi dan membuka tabungan. Sedangkan untuk produk pembiayaan, akan dilihat terlebih dahulu sejin usaha yang akan dijalankan.
 
Koperasi ini sengaja mengadopsi sistem syariah dengan visi dan misi  terbangunnya dan berkembangnya ekonomi umat dengan landasan syariah Islam. Serta terwujudnya budaya ta’awun dalam kebaikkan dan ketakwaan di bidang sosila ekonomi, menerapkan dan memasyarakat syariah Islam dalam aktivitas ekonomi.  (yogi)