Riau Tak Perlu Lakukan Operasi Pasar

Jumat, 13 Juni 2014 14:11

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU- Perum Bulog Divre Riau dan Kepulauan Riau (Kepri) mengaku siap melakukan operasi pasar bila dibutuhkan.Tentunya dengan didukung pemerintah daerah (pemda) supaya bisa menjaga stabilitas harga dan memutus mata rantai distribusi sampai ke tangan konsumen.

Hal itu disampaikan Kepala Humas Bulog Divre Riau Kepri Usman kepada bertuahpos.com di ruangannya, Jumat (13/6/2014). “Jika ada instruksi dari pusat maupun Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mengadakan operasi pasar, kita siap,” ujarnya.

Namun menurut Usman berdasarkan pasokan beras di gudang menjelang Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Stok beras di gudang bulog khusus Pekanbaru saat ini mencapai 2.088 ton.
 
“Alhamdulillah, stok masih aman, pasokannya masih cukup hingga selepas  lebaran. Untuk wilayah Riau maih belum membutuhkan operasi pasar.Karena dari stok yang ada masih cukup hingga empat bulan ke depan,” paparnya.

Apabila nantinya terjadi kecenderungan kenaikan yang signifikan terhadap komoditi beras pihaknya siap lakukan operasi pasar. “Jika harga melonjak kita siap action (operasi pasar). Tentunya pelaksanaan berkoordinasi dengan pemda,” tambahnya.

Sebelumnya Kepala Bidang Perdagangan Disperindag kota Pekanbaru, menyatakan masyarakat tidak perlu khawatir untuk suplai beras. Bahkan suplai beras dari beberapa provinsi yang menjadi pemasok ke Pekanbaru menyebut stok beras berlebih.

Namun dirinya tidak menampik akan terjadi kenaikan harga terhadap beberapa komoditi termasuk beras. Untuk itu puihaknya telah melakukan upaya mengantisipasi agar distribusi pangan tersebut tidak tersendat maupun tertanggu. (riki)