Ratusan Koperasi di Pekanbaru Tak Aktif

Selasa, 10 Juni 2014 17:57

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU- Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Destrayani Bibra, menyebutkan lebih separuh koperasi di Kota Bertuah tidak aktif. Setidaknya saat ini tercatat 458 koperasi tidak aktif dari 900 koperasi yang ada di Pekanbaru.

“Memang saat ini hanya 342 koperasi yang aktif, dan yang masuk kategori sehat cuma 120an,” ujar Bibra kepada bertuahpos.com, Selasa (10/07/2014). Pihaknya menilai banyaknya koperasi yang tidak aktif disebabkan ketiadaan modal. “Karena koperasi ini beroperasi lewat permodalan dari simpanan wajib dan pokok serta sukarela. Jika itu tidak berjalan baik, tentu otomatis Koperasi tidak berjalan dengan baik,” sebutnya.

Dirinya menargetkan tahun 2014 ini, ratusan koperasi akan kembali sehat. “Target kita tahun ini, 500 koperasi akan aktif,” sebutnya. Untuk mewujudkan itu pihaknya sedang berupaya memfasilitasi dengan beberapa pihak perbankan dan BUMN. “Ada beberapa penyertaan, seperti pemberian modal kepada koperasi. Karena perbankan punya kredit usaha rakyat serta Bank Dengan LKM-Koperasi (PHBL-Kop) dan itu sudah berjalan,” jelasnya.

Mengenai nasib koperasi yang telah lama tidak aktif, Birba belum berencana akan menutup maupun membekukan. “Ya sebenarnya bila tiga tahun berturut-turut tidak aktif bisa dibekukan. Namun kita mesti verivikasi dulu sebab musababnya, untuk mencari langkah-langkah untuk menghidupkan koperasi tersebut,” jelasnya.

Baca: Ini Alasan Kadis PUPR Riau Kenapa Jalur Fly Over SKA tidak di Jalan Nangka

Selanjutnya, Dinas Koperasi akan gencar membina koperasi yang tidak sehat bisa kembali aktif. Untuk mewujudkan itu pihaknya secara berkala akan memberi penyuluhan, bimbingan, serta pembinaan tentang mengelola koperasi yang baik dan benar.

Karena ia menilai koperasi merupakan salah satu sektor yang membentuk ekonomi masyarakat. “Disitulah bisa ekonomi masyarakat meningkat, disitu kuncinya,” sebutnya. (Riki)