Rahasia Kecil yang Bisa Bikin Anda Jadi Miliader

Kamis, 17 Oktober 2013 23:46
Rahasia Kecil yang Bisa Bikin Anda Jadi Miliader

BERTUAHPOS.COM, LONDON – Menyandang gelar pengusaha kaya dengan harta miliaran rupiah hampir menjadi impian semua orang. Menggapai kesuksesan dan menjadi miliarder memang membutuhkan kerja keras serta tekad yang kuat. Meski begitu, ada rahasia kecil yang bisa membantu Anda mencapai keberhasilan dalam berbisnis.

Pendiri perusahaan manufaktur kaus kaki dan stoking Spanx Inc., Sara Blakely menungkapkan rahasia kecilnya mencapai kesuksesan yang dinikmatinya saat ini. Wanita cantik penyandang gelar miliarder ini mengatakan, kunci kesuksesannya adalah kegagalan.

Seperti dikutip dari CNBC, Jumat (18/10/2013), sejak kecil ayah Blakely selalu menanyakan pertanyaan yang sama setiap makan malam perihal kegagalan yang dialaminya di hari tersebut. Menurutnya, sang ayah selalu memotivasi dia dan kakaknya untuk gagal.

“Apa saja kegagalanmu pekan ini?” ujar Blakely menirukan pertanyaan sang ayah padanya.

Baca: Pertengahan Desember Tol Pekanbaru-Dumai Uji Laik

Menurutnya, pertanyaan tersebut merupakan hadiah dari sang ayah yang berarti lebih baik gagal setelah berusaha dibandingkan tidak melakukan apapun.

“Tindakan itu benar-benar membuat saya lebih bebas untuk mencoba berbagai hal dan melebarkan sayap saya lebih lebar dalam menjalani kehidupan,” ujarnya.

Menurutnya, kegagalanlah yang membantunya menjadi miliarder wanita termuda di Amerika Serikat (AS). Wanita berusia 41 tahun ini pernah menjual mesin fax dari pintu ke pintu sebelum memulai gagasannya mendirikan Spanx. Perusahaan tersebut memproduksi kaus kaki dan stoking yang mengundang sensasi dunia.

Dia pernah melamar pekerjaan untuk memakai kostum Goofy di Disney World, tapi karena tingginya masih kurang, dia diterima sebagai tupai.

Wanita cantik kelahiran Florida ini melewatkan kesempatan tersbut dan memilih menjadi penjual mesin fax selama tujuh tahun.

Untuk mencapai posisinya sekarang dia melewati jalan yang sulit dan penuh rintangan. Tantangan terbesarnya adalah karena dia tak punya banyak pengetahuan soal penjualan.

“Tapi apa yang tidak Anda ketahui dapat menjadi aset terbesar jika Anda mengikutinya. Jika Anda percaya diri melakukannya, Anda akan tetap melakukannya meski tak pernah belajar di bidang tersebut atau tak ada satu pun yang pernah menunjukkan caranya,” ungkap Blakely.

Seperti banyak enterpreneur, Blakely mengatakan tidak paham dunia industri. Namun terus mencoba merupakan hal yang sangat penting dalam memulai bisnis.

“Meski tidak tahu soal bisnis,tak pernah ikut pelatihan, tak tahu sistem penjualanm, saya tak pernah merasa takut untuk terus mencoba,” ungkapnya.

Meski begitu, lonjakan karirnya di Spanx juga diwarnai kegagalan, beberapa diantaranya malah terhitung konyol. (Sis/Ndw/liputan6.com)