Perabot Modern Surutkan Kerajinan Rotan

Sabtu, 08 Maret 2014 17:27
Perabot Modern Surutkan Kerajinan Rotan
BERTUAHPOS.COM,PEKANBARU – Pengusaha rotan mengeluh karena sekarang peminat dari kerajinan rotan sangat berkurang. Hal ini ini dikarenakan perubahan gaya hidup  masyarakat modern serta makin banyak perabot rumah tangga yang lebih bagus dan dengan harga yang terjangkau.
Â
“Sekarang sepi pembeli, sudah tiga hari belum ada yang beli,” ujar Al, pemilik Alora Rotan di Jalan Soekarno Hatta kepada bertuahpos.com Sabtu (08/03/2014).Â
Â
Usaha kerajinan rotan yang ditekuni Al merupakan warisan dari orangtuanya. Al biasanya mendapatkan pasokan rotan dari Siak dan Kerinci. Berbekal ketrampilan turun-temurun itulah, ia bisa menghasilkan perabot seperti Kursi Goyang, Meja Tamu, Mainan Anak Kecil, dan beraneka ragam perabot lainnya.
Â
Al berharap produksi rotan kembali banyak diminati oleh masyarakat.kerena rotan merupakan hasil kebudayaan yang harus tetap lestarikan. Kerajinan rotan juga memilki nilai seni yang tinggi.
Â
Â
“Saya berharap,minat masyarakat terhadap hasil produksi rotan kembali banyak, karena rotan merupakan karya seni yang bernilai tinggi” ujarnya.(yogi)