Penumpang Garuda dan Kalstar di Solo Melonjak

Kamis, 20 Februari 2014 14:19
BERTUAHPOS.COM - Sejumlah maskapai penerbangan mencatat tingkat keterisian penumpang dari Solo cukup tinggi hari ini.
Â
Setelah tidak beroperasi sejak Jumat pekan lalu, akibat hujan abu vulkanik dari erupsi Gunung Kelud, hari ini bandara dinyatakan aman.
Â
Manajer Penjualan dan Pemasaran Garuda Indonesia Solo Endy Latief mengatakan tingkat keterisian penumpang pada hari ini mencapai 70 persen.
Â
“Penumpang dari Jakarta juga cukup banyak,” kata dia, Kamis, 20 Februari 2014.
Â
Ia mengatakan landasan pacu sudah aman digunakan meski masih ada debu halus yang menempel di landasan. “Tapi sudah dicek oleh mekanik Garuda dan otoritas bandara, dan dinyatakan aman,” katanya.
Â
 Sementara itu, Manajer Kalstar Aviation Cabang Solo, Mohammad Ridwan mengatakan kursi penerbangan ke Kalimantan tercatat telah penuh terisi hingga Sabtu, 22 Februari yang akan datang. “Ada penumpang baru, ada juga penumpang yang keberangkatannya tertunda dan baru bisa terbang sekarang,” tuturnya.
Â
Sebelumnya, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo, Abdullah Usman, mengungkapkan Bandara Adi Soemarmo kembali beroperasi mulai pukul 07.00.
Â
“Ada 23 penerbangan yang terjadwal,” kata dia. Adapun area bandara yang masih harus dibersihkan dari abu vulkanik adalah area parkir kendaraan. “Landasan, apron, dan taxi way sudah bersih semua. Sudah aman.” (tempo)