Pekanbaru Butuh 6 Ribu Sapi Kurban

Kamis, 21 Agustus 2014 15:42
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Hingga saat ini pasokan daging sapi segar, Kota Pekanbaru masih sangat bergantung kepada daerah lain. Jelang peringatan Hari Raya Idul Adha saja, diperkirakan Kota bertuah hanya mampu menyediakan kurang dari 20 persen permintaan pasar.
 
Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kota Pekanbaru, Edward, Kamis (21/08/2014). Ia menyebutkan untuk Hari Raya Qurban diperkirakan Pekanbaru mesti menyediakan sekitar 6ribuan ekor sapi maupun kerbau.
 
“Perkiraan untuk daging sapi atau Qurban di Pekanbaru tahun ini sekitar 6.326 ekor  Sementara Pekanbaru sendiri baru bisa menyediakan 1215 ekor sapi atau 19,21 persen dari total kebutuhan,” sebutnya.
 

Oleh karena itu untuk mencukupi permintaan masyarakat maka pihak Pemko memasok sapi dari luar daerah. “Jadi agar permintaan terpenuhi kita memasok dari kabupaten tetangga sebanyak 2.312 ekor, dan dari luar provinsi sebanyak 2.799 ekor,” jelasnya.

Sedangkan untuk kebutuhan per tahunnya diperkirakan Pekanbaru mesti menyediakan 10.969 ekor sapi atau sekitar 2.193,8 ton untuk masyarakat yang berjumlah sekitar 1juta jiwa.

Edward menambahkan,  pihaknya telah menganggarkan budidaya hewan ternak khususnya sapi dalam APBD 2014.Untuk APBD murni pihaknya telah menganggarkan sebesar Rp 1,8 miliyar untuk 200 ekor sapi. Bantuan tersebut telah diserahkan walikota beberapa waktu lalu, didampinggi, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ir Syukur Iwantoro di plaza ternak Pekanbaru.

“Di dalam APBD Perubahan kita sudah anggarkan Rp 1,15 untuk 115 ekor sapi,” tuturnya. Oleh sebab itu dirinya optimis dengan bantuan ternak kepada masyarakatbisa menekan angka ketergantungan terhadap daging segar impor dimasa yang akan datang.

“Kita berharap Pekanbaru bisa memenuhi kebutuhan daging segar sendiri,sehingga tidak begitu tergantung dengan daerah lain,” tutupnya. (riki)

Baca: Ini 4 Trik Jadi Kaya Ala Warren Buffet, Mudah dan Bisa Dilakukan Orang Miskin Sekalipun