Pasokan Emas di Pedagang Mulai Menipis Pasca Harga Anjlok

Jumat, 28 Juni 2013 09:26
Pasokan Emas di Pedagang Mulai Menipis Pasca Harga Anjlok
BERTUAHPOS.COM -, JAKARTA – Harga emas batangan atau logam mulia terus menurun dalam beberapa bulan terakhir. Kondisi ini membuat pasokan logam mulia ke penjual emas terhambat. Pasalnya, bagian sales logam mulia menahan emas untuk dijual ke penjual emas karena harga terus merosot.
Bahkan, seorang penjual emas bernama Darman mengaku, sudah lebih dari sebulan dirinya tidak menjual emas batangan lagi karena pasokan tidak ada.
“Harga emas kan turun terus, jadi salesnya nahan, jadi kita lagi nggak jual emas Antam, sudah sebulan lebih lah,” kata dia saat ditemui detikFinance, di pusat perbelanjaan ITC Cempaka Mas, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2013).
Dia menjelaskan, pihak sales tidak mau menjual emas-emasnya karena harga emas terus merosot. Sementara, harga emas saat mereka beli di Antam lebih tinggi dari harga emas saat ini.
“Kosong yang logam mulia. Mereka tahan emasnya, soalnya kan harga turun kalau mereka jual ya mereka rugi. Mulai turun 3 bulanan ini sudah susah barangnya soalnya banyak yang nahan, kalau ke Antam ngantrinya bukan main jadi kita pakai sales,” kata Darman.
Tak hanya Darman, penjual toko perhiasan lainnya juga mengaku tidak menjual logam mulia saat ini karena harganya anjlok.
“Lagi nggak jual (logam mulia), harganya turun terus, jualnya bingung,” kata seorang penjual emas lainnya.
Per 27 Juni 2013 harga emas batangan pecahan 1 gram Logam Mulia Antam turun Rp 5.000/gram menjadi Rp 493 ribu/gram. Penyebab turunnya emas batangan adalah jatuhnya harga emas internasional.
Dikutip dari Reuters, Kamis (27/6/2013), pada perdagangan Rabu malam tadi, harga emas internasional di AS terjun ke level terendahnya dalam 3 tahun setelah pasar saham Wall Street naik terus, meskipun di tengah ketidakpastian ekonomi.
Harga spot emas di pasar AS turun dan sempat menyentuh level terendahnya sejak Agustus 2010 yaitu US$ 1.223,54 per ounce. Selama kuartal II-2013 ini, emas tercatat sudah turun 23% dan ini yang tertinggi sejak 1968.
Selain itu, penguatan dolar AS terhadap euro juga menjadi pemicu anjloknya harga emas. Penguatan dolar terjadi setelah Gubernur Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengumumkan adanya risiko penurunan pertumbuhan ekonomi di zona Uni Eropa.
Kondisi ini membuat harga emas batangan di Indonesia juga turun. Harga emas batangan pecahan 1 gram yang dijual Logam Mulia Antam turun dari kemarin Rp 498 ribu menjadi Rp 493 ribu. Harga jual emas batangan konsumen ke Logam Mulia atau harga buyback turun Rp 15.000/gram dari Rp 408 ribu/gram ke Rp 393.000/gram. (detik.com)