Pasca Mandala Stop, Penumpang SSK Diprediksi Bakal Anjlok

Kamis, 19 Juni 2014 14:48
Pasca Mandala Stop, Penumpang SSK Diprediksi Bakal Anjlok

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU- Meski sempat diprediksi sebelumnya, akhirnya Tiger Mandala Airlines benar-benar mengumumkan akan menghentikan operasional per 1 Juli 2014.

Tentunya hal tersebut diprediksi akan mempengaruhi arus penumpang yang ada di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II.

Seperti disampaikan Airport Duty Manager SSK II, Ibnu Hasan kepada bertuahpos.com, Kamis (19/6/2014). “Dampaknya pasti ada secara tidak langsung. Seperti jumlah penumpang dari dan ke Pekanbaru pasti berkurang,” sebutnya.

Sebelumnya Mandala melayani rute terbang ke Singapura, Yogyakarta, dan Jakarta. Sehingga dengan penghentian operasional awal Juli mendatang akan jauh mengurangi jumlah penumpang di SSK II.

Baca: Harga Karet Rendah, Jokowi Salahkan Perekonomian Dunia

“Kalau biasanya per hari jumlah penumpang yang dari dan ke Pekanbaru itu mencapai 10ribu, kemungkinan akan jauh berkurang, bisa tinggal 7ribu atau 8ribu penumpang,” sebut Ibnu di ruang kerjanya.

Kata Ibnu pihak bandara baru saja mendapat pemberitahuan secara resmi dari pihak Mandala terkait wacana penghentian tersebut. “Tadi pagi, secara teknis Mandala sudah sampaikan ke kita akan menghentikan seluruh penerbangan per 1 juli mendatang,” tambahnya.

Terkait banyaknya komplain dari penumpang perihal prosedur refund yang tak kunjung jelas. Ibnu kembali melimpahkan hal tersebut kepada pihak maskapai. “Untuk masalah urusan penerbangan merupakan tanggungjawab pihak maskapai. Kita di sini sebagai pengelola bandara, sebagai mitra usaha,” sebutnya.

Sehingga dirinya menganjurkan kepada para calon penumpang yang ingin meminta kejelasan sebaikknya menghubungi pihak measkapai secara langsung. Pantauan di lapangan konter penjualan tiket Mandala yang berada di sebelah Firefly dibiarkan kosong oleh petugas konter. Di jendela ditempel selebaran untuk menghubungi call center 021-2939.6688 atau www.tigerair.com. (riki)