Meski Serius, Investor Korea Tetap Harus Lewat Lelang

Kamis, 24 April 2014 12:32

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Meskipun sudah menunjukkan keseriusannya untuk ikut mengelola PDAM Tirta Siak, namun investor dari Korea tetap harus mengikuti proses lelang.


”Tetap akan kita lelang investor ini. Ke depan, mereka menyatakan bisa menghasilkan air bersih itu 500 liter per hari, dan itu akan disuplay ke konsumen. Besar harapan kita, dengan ini PDAM bisa kembali memberikan pelayanan air bersih di Pekanbaru,” ujar Walikota Pekanbaru, Firdaus MT, Kamis (24/04/2014)


Proses ini masuk dalam Penanaman Modal Asing (PMA), sehingga Pemko sudah melakukan koordinasi dengan pusat. Diantaranya dengan Bappenas, PU, Keuangan Dan BUMN.


Dari hasil diskusi juga bersama Badan Besar PAM, secara umum sudah menyatakan persetujuannya. Sementara untuk ini, Wako juga menegaskan tetap akan melaksanakan proses lelang dengan cara lelang prakarsa.

Baca: Dahlan Iskan Bikin Gerakan BUMN Bersih


Lelang ini dilakukan karena sebelumnya calon investor Korsel ini sudah melakukan tahapan stufi kelayakan dan itu harus menjadi perhatian. Hanya saja, dalam lelang ini tidak bisa dipastikan calon Investor tersebut menjadi pemenang lelang.


Sebelumnya telah terjadi pertemuan dengan perwakilan investor Korea. Mereka menyampaikan hasil studi kelayakan. Berdasarkan penjelasan calon investor, Korsel bertindak sebagai pemasok atau suplay air bersih untuk PDAM. Dengan begitu, investor bukan sebagai pengelola hanya sebagai penunjang kegiatan pelayanan air bersih yang dikelola oleh PDAM. (riki)