Limbah Plastik Bisa Jadi Tas Cantik

Selasa, 25 Februari 2014 16:57

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Sampah plastik tak selamanya menjadi musuh manusia. Bila dikelola secara benar bisa menjadi produk yang bernilai ekonomis, guna menambah pendapatan keluarga.

Seperti Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Sumber Rezeki yang beralamat di RW 10 kelurahan TangkerangLabuai, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru . 

“Kelompok usaha kita ada namanya bank sampah. Jadi kami membeli sampah dari masyarakat untuk dijadikan produk kerajinan seperti tas,” ujarnya Ketua UPPKS Sumber Rejeki, Finora Nongsih.

Finora menjelaskan masyarakat mesti memilah jenis plastik untuk diantarkan ke Bank Sampah yang berlokasi di Kantor Lurah. “Jadi nanti akan dicatat berapa kilogramnya. Setelah banyak baru kita lakukan pencairan, biasanya menjelang hari lebaran atau saat anak masuk sekolah,” jelasnya di sela acara Rakerda BKKBN di Hotel Premiere.

Baca: BATAN Banyak Hasilkan Benih Unggul Bermutu.

Kelompok usaha ini juga membuat kain sulaman, sabun, dan bunga rangkai. Saat ini tas produk hasil karya Sumber Rezeki sudah dipasarkan di luar daerah. “Ada juga anggota yang menjual ke Rokan Hulu,di Kuansing ada juga,” katanya. Untuk jenis tas dari limbah plastik dijual Rp 35.000 per produknya.

Dengan modal Rp 6jutaan, kini kelompok usaha ini sudah mendapatkan profit yang lumayan. Melihat prospek yang semakin baik, Finora berharap pemerintah melalui dinas terkait bisa memberikan bantuan modal untuk menggiatkan produksi di kelompok usahanya. “Karena sekarang ini modal terbatas, dan produk yang bisa dihasilkan pun terbatas,” harapnya. (riki)