Kata Siapa Krisis? Buktinya, Miliarder Dunia Makin Tajir

Kamis, 14 November 2013 10:11

BERTUAHPOS.COM, JAKARTA – Bagi kebanyakan orang, krisis finansial sama dengan mimpi buruk. Faktanya, ungkapan tersebut tidak berlaku bagi orang-orang super kaya di dunia. Terbukti, kekayaan para miliarder meningkat dua kali lipat sejak 2009.

Seperti dilansir dari rt.com, Kamis (13/11/2013), di tengah rendahnya jumlah lowongan kerja dan pemangkasan upah, para miliarder justru bertambah kaya. Menurut laporan resmi bertajuk `Wealth X and UBS Billionaire Census 2013`, gabungan kekayaan miliarder di dunia berjumlah US$ 6,5 triliun naik dua kali lipat dari US$ 3,1 triliun pada 2009.

Tak hanya total kekayaan para konglomerat yang meningkat. Jumlah miliarder dunia juga berkembang sebesar 60% sejak 2009. Selama empat tahun, terdapat sekitar 810 miliarder baru dengan standar kekayaan di atas US$ 1 miliar. Wealth-X memprediksi jumlah miliarder akan terus tumbuh hingga 3.900 jiwa pada 2020.

Sejak krisis tersebut, jumlah kekayaan miliarder memang terus meningkat. Sepanjang tahun ini saja, jumlah kekayaan miliarder dunia telah bertambah sebanyak US$ 226 miliar.

Baca: Gubri Diagendakan Hadir dalam Pertemuan Riau Investment Forum di Menara BRK

Menurut laporan yang dirilis perusahaan pembanding kekayaan miliarder global, Wealth-X, mayoritas kekayaan para konglonmerat elit itu datang dari sektor perbankan. Menyusul bidang berikutnya adalah bidang manufaktur.

Dalam laporan tersebut, Amerika Serikat (AS) tercatat menyumbang jumlah nominal kekayaan individu terbanyak senilai US$ 2 triliun. Angka tersebut diperoleh dari gabungan kekayaan 515 miliarder yang bermukim di sana.

Sementara itu, posisi kedua ditempati China dengan jumlah 157 miliarder dan disusul Jerman di posisi ketiga dengan jumlah 148 miliarder. Berikutnya, peringkat keempat diisi Inggris dengan 135 miliarder dan Rusia sebanyak 108 miliarder.

Miliarder dunia tahun ini masih didominasi para pria. Dari 2.170 miliarer, 87% diantaranya adalah pria. Empat laki-laki diantaranya menyandang gelar super miliarder dengan jumlah kekayaan masing-masing di atas US$ 50 miliar. Para super miliarder itu adalah Bill Gates, Carlos Slim, Amancio Ortega Gaona dan Warren Buffet. (Sis/Ndw/liputan6.com)