Jagoan Obama akan Jadi Wanita Pertama yang Pimpin The Fed

Rabu, 09 Oktober 2013 03:38
Jagoan Obama akan Jadi Wanita Pertama yang Pimpin The Fed

BERTUAHPOS.COM, WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menjagokan Janet Yellen menjadi Gubernur Federal Reserve (The Fed). Yellen akan menjadi perempuan pertama yang memimpin bank sentral AS.

Seperti dikutip dari Reuters, Rabu (9/10/2013), Yellen yang sekarang menjabat sebagai Deputi Gubernur The Fed ini jadi pilihan Obama untuk jadi orang paling berpengaruh pada sektor keuangan AS, bahkan dunia. Selama ini setiap pernyataan yang keluar dari mulut Gubernur The Fed selalu mempengaruhi pergerakan pasar, baik itu baik maupun buruk.

Sampai saat ini ada 14 orang yang pernah menjabat sebagai Gubernur The Fed sejak Charles S. Hamlin dipilih menjabat pada 10 Agustus 1914. Dari 14 orang tersebut semuanya laki-laki.

Jika tidak ada aral melintang dan Yellen akhirnya terpilih, maka ia mencetak sejarah sebagai wanita pertama yang bisa menjabat sebagai gubernur bank sentral negera Paman Sam.

Baca: Pengusaha hotel di Riau keluhkan kenaikan TDL 2015

Saat ini posisi bergengsi tersebut masih dipegang oleh Ben Bernanke yang menjabat sejak dipilih George W. Bush pada 1 Februari 2006. Bernanke akan melepas jabatannya tahun depan.

Sebelum Bernanke, Alan Greenspan memegang jabatan Gubernur The Fed. Nama Greenspan cukup dikenal luas gara-gara dianggap biang keladi krisis ekonomi 2008 atas kebijakan-kebijakan yang dibuatnya selama menjabat.(ang/dnl/detik.com)