Ini Dia Bos-bos Wanita di Perusahaan Raksasa Dunia

Senin, 16 Desember 2013 14:40
BERTUAHPOS.COM – Meskipun keberadaannya mendominasi lebih dari 50% populasi penduduk di dunia, wanita masih sulit untuk merebut posisi-posisi penting di sebuah perusahaan besar, khususnya sebagai CEO atau pimpinan perusahaan.
 
Pada daftar majalah Fortune, 1.000 CEO perusahaan besar di Amerika Serikat didominasi oleh kaum adam. Hanya 48 orang dari jumlah tersebut adalah kaum hawa. Artinya, 952 pria menjadi CEO di daftar 1.000 perusahaan terbaik di Amerika versi majalah Fortune.
 
Kesetaraan gender diinginkan dalam hal ini, dengan harapan angka tersebut bisa berlipat-lipat ganda di beberapa tahun ke depan. Tren yang sedang berjalan justru menunjukkan wanita pun tak bisa dipandang sebelah mata. 
 
Beberapa wanita hebat sudah membuktikan bahwa mereka bisa menjadi pemimpin perusahaan. Dikutip dari The Richest, Senin (16/12/2013), ini dia 10 CEO wanita perusahan besar di Amerika Serikat (AS).
 
1. Meg Whitman – Hewlet Packard
Sebagai CEO dari perusahaan komputer terbesar kedua di AS, Hewlett Packard, Whitman mendapatkan bayaran US$ 15,4 juta. Dia menjadi CEO sejak September 2011, dia juga menjabat sebagai presiden dan jajaran direksi untuk perusahaan. 
 
Dia juga pernah menjabat sebagai presiden dan CEO salah satu situs penjualan online terbesar dunia eBay dari tahun 1998 hingga Maret 2008.
 
2. Virginia Rometty – IBM
Sebagai CEO IBM, Rometty memiliki kendali penuh terhadap perusahaan besar di bidang IT, komputer, dan solusi online lainnya. Dia menjadi CEO sejak Januari 2010 dan sebagai chairman direksi pada tahun yang sama. 
 
Dia memulai karirnya dengan perusahaan sejak 1981 dan telah beberapa kali mendapat kepercayaan untuk menjadi pimpinan. Sebelum menjadi CEO, dia adalah VP dan group executive, pimpinan sales IBM, dan bekerja di divisi pemasaran dan strategi. Di tahun 2012, dia mendapatkan US$ 16,1 juta atas jabatannya sebagai CEO.
 
3. Patricia A. Woertz – Archer Daniels Midland
Sebagai CEO dari Archer Daniels Midland, Woertz mengendalikan salah satu perusahaan pengolahan makanan terbesar di Amerika Serikat. Dia juga menjabat sebagai chairman, dan anggota jajaran direksi. Dia menjabat posisi CEO sejak September 2006, dan membantu perusahaan memecahkan rekor pendapatan. 
 
Dia memulai karirnya sebagai akuntan, dan menjabat beberapa posisi di divisi pemasaran, operasional internal, dan bekerja di Chevron di akhir 1980-an. Dia juga bekerja untuk Konsultat Ekspor Obama sejak 2010. Per tahun, dia mendapatkan sekitar US$ 2 juta atas jabatannya menjadi CEO.
 
4. Indra K. Nooyi – PepsiCo
Mungkin tidak banyak orang tahu CEO dari perusahaan minuman terbesar di dunia ini adalah seorang perempuan. Nooyi mendapatkan sekitar US$ 14,2 juta per tahun sebagai CEO dari perusahaan minuman bersoda yang tersohor di dunia, Pepsi Co. Dia saat ini menjabat sebagai CEO dan Chairman. Jabatannya ini didapat pada tahun 2006.
 
5. Marillyn Hewson – Lockheed Martin
Hewson menjabat sebagai CEO sekaligus presiden Lockheed Martin, sebuah perusahaan maskapai untuk kontrak pemerintahan Amerika Serikat, sama halnya dengan perusahana komersial lainnya di AS.
 
Selain kedua jabatan tersebut dia pun menduduki posisi sebagai excecutive VP electrcal development. Dengan semua jabatannya tersebut, dia menapatkan kompensasi lebih dari US$ 3 juta per tahun, termasuk gaji, saham, dan kompensasi lainnya.
 
6. Ellen J Kullman – Dupont
Ellen telah menjadi direksi perusahaan sejak tahun 2009, dan kini dirinya menjabat CEO di Dupont, perusahaan Ameria Serikat yang bergrrak di bidang produk kimia, memproduksi bubuk mesiu, dan pasokan lain untuk kebutuhan militer, dan juga bergerak di bidang trading. 
 
Dia menjadi presiden perusahaan sejak tahun 2008, dan menjabat eksekutif wakil presiden. Atas jabatan tersebut, per tahun dia mengantongi US$ 11,3 juta, termasuk gaji, saham di perusahaan.
 
7. Irene B Rosenfeld – Mondelez Internatinal
Rosenfeld terpilih menjadi chairman pada tahun 2007, dan di tahun 2006 menjadi CEO Mondelez, perusahaan yang kini lebih dikenal dengan nama Kraft Foods. Rosenfeld pernah menjabat senbagai presiden bisnis Amerika Utara, Group VP Kraft Foods, President Kraft Kanada, dan Direktur Marketing.
 
Kraft Foods di Amerika Serikat, Kanada, dan seluruh dunia. Kompensasi yang ia dapat per tahun atas posisinya mencapai US$ 28,8 juta. Itu menjadikan dirinya salah satu wanita bergaji tertinggi di AS.
 
8. Phoebe Novakovic – General Dynamics
General Dynamics adalah perusahaan kontraktor peralatan militer, tertua, terkuat di dunia, revenuenya mencapai US$ 31,5 miliar. Uniknya perusahan ini dipimpin oleh seorang wanita bernama Phoebe Novakovic. 
 
Phoebe pernah menjabat pejabat penting di Pentagon, dan pernah bekerja untuk CIA untuk beberapa tahun. Di perusahaannya kini, total kompensasi yang dia terima mencapai US$ 6,8 juta.
 
9. Carl M. Meyrowitz – TJX
Meyrowitz menjadi CEO perusahaan ini sejak tahun 2007. Dia mendapatkan uang sekitar US$ 21,7 juta termasuk gaji, saham, dan insentif lainnya. TJX adalah perusahaan penyedia produk kebutuhan dan perlengkapan rumah dengan revenue US$ 25,9 miliar. 
 
Dia berkerja sebagai direksi perusahaan sejak September 2006, dan menjadi Presiden dari tahun 2005 hingga tahun 2011.
 
10. Ursula M Burns – Xerox
Burns mendapatkan gaji sekitar US$ 4,02 juta sebagai CEO Xerox, sebuah perusahaan penyedia layanan proses bisnis dan pengelolaan dokumen perusahaan besar di dunia. Xerox pun dikenal sebagai raja dalam hal percetakan dokumen. 
 
Omzet Xerox mencapai US$ 22,4 miliar. Burns mulai bekerja untuk Xerox sejak tahun 1980 sebagai ahli mesin kemudian berpindah ke divisi pengembangan produk dan perencanaan. 
 
Dari tahun 1992 sampai tahun 2000, dia bekerja sebagai pimpinan untuk beberapa tim bisnis, termasuk tim percetakan warna. Barulah pada tahun 2009 dia terpilih menjadi CEO.(detik.com)

Berita Terkini

Kamis, 09 April 2020 17:00

Polres Pekanbaru Belum Tetapkan 2 ASN Penerima Dana Calo Sebagai Tersangka

BERTUAHPOS.COM, Pekanbaru – Meski Jaksa menyebutkan terdakwa Wandri, biro jasa, bersama-sama dengan dua ASN Kantor Imigrasi Pekanbaru, Krisna Olivia dan Salman Alfarisi (berkas penuntutan terpisah)…

Kamis, 09 April 2020 13:31

Gubri Masih Kaji Kemampuan Daerah Untuk PSBB

REGIONAL

Kamis, 09 April 2020 10:24

Abu Bakar Ba’asyir Ajukan Asimilasi ke Jokowi

NASIONAL