Ini 5 Kunci Kemajuan Indonesia versi Chairul Tanjung.

Kamis, 12 Desember 2013 15:16

BERTUAHPOS.COM,BANDUNG – Chairman CT Corp. Chairul Tanjung berbicara 5 kunci kemajuan bagi Indonesia agar bisa berdaya saing dan menjadi negara maju.

Hal itu disampaikannya dalam orasi ilmiah saat menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Padjadjaran Bandung, hari ini, Kamis (12/12/2013).

Dia menyebutkan kunci yang utama adalah investasi sumber daya manusia agar menjadi pribadi yang sehat jasmani dan rohani, serta terdidik dan terampil.

Kedua, mendorong inovasi dengan membangun budaya riset dan mendapatkan dukungan pemerintah dengan memberikan insentif fiskal.

Baca: Diminati Malaysia, Dinas Perindustrian Riau Tak Punya Data Ekspor Kopi Liberika Meranti

Ketiga, inovasi itu akan menjadi bermanfaat apabila dilakukan eksekusi, yang membutuhkan kerja keras, displin dan perfectionist.

Keempat, hasil inovasi harus bisa dikomersialisasi agar menghasilkan nilai tambah bagi perekonomian.

Menurutnya, gerakan untuk menumbuhkan kewirausahaan harus digencarkan agar populasi pengusaha semakin besar dari saat ini yang baru sekitar 3%.

Kunci yang kelima dan yang sangat menentukan adalah kepemimpinan yang kuat dan efektif di semua level, baik dari lingkungan korporasi, pemerintah, dan segala bidang kehidupan.

“Pemimpin yang kuat memiliki ciri sebagai inisiator, kreator dan memimpin dengan passion.(bisnis.com)