Indonesia Akan Jadi Kekuatan Ekonomi Baru di Dunia?

Rabu, 08 Januari 2014 15:26

BERTUAHPOS.COM, JAKARTA — Empat negara disebut bakal menjadi kekuatan baru ekonomi dunia. Mereka adalah Meksiko, Indonesia, Nigeria, dan Turki, atau disingkat MINT.

Demikian disampaikan Menteri Keuangan Chatib Basri seusai menerima kunjungan Jim O’Neill, ekonom senior dari Goldman Sachs, beberapa waktu lalu.

“Dia tanya mengenai Indonesia. Jadi, dilihat dari perkembangan terakhir, memang BRICS ini istilah dia tidak sepenuhnya relevan lagi sekarang,” kata Chatib seusai melantik pejabat eselon II Kementerian Keuangan, di Jakarta, Selasa (7/1/2014).

Sekadar informasi, BRICS terdiri dari Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan (South Africa), yang sebelumnya disebut juga oleh Jim sebagai negara-negara baru kekuatan ekonomi dunia. Kini, Jim menambahkan MINT masuk ke dalam daftar negara baru kekuatan ekonomi dunia.

Baca: Dinas TPHBun Klaim Komoditi Karet dan Sawit Tahan Banjir

Chatib mengatakan, menurut Jim, kesamaan di antara empat negara MINT yang menjadi faktor pendorong kekuatan ekonominya ialah pasar yang besar dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi tinggi.

“Tantangannya, waktu interview dengan Jim, yang dia tanya terus dan dia concern, dan saya kira itu masuk akal adalah infrastruktur,” ungkap mantan Kepala BPKM itu. (kompas.com)