Harga Sayuran Meroket Gara-gara Banjir

Jumat, 17 Januari 2014 12:03

BERTUAHPOS.COM, Jakarta : Curah hujan yang kian meningkat dan banjir yang melanda sejumlah wilayah Indonesia membuat harga sayuran meroket pada Jumat (17/1/2014). Pasalnya, banjir yang semakin parah dalam sepekan terakhir berdampak pada kerusakan tanaman dan membuat pasokan sayuran berkurang.
“Harga-harga sayuran hampir semuanya naik, gara-gara musim hujan, banjir, ya tanaman pada rusak. Cuacanya memang sedang tidak memungkinkan buat para petani sayuran, jadi pasokan ke kitanya berkurang,” ungkap Halim (32) salah satu pedagang di Pasar Mencos, Setiabudi, Jakarta Selatan saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat (17/1/2014).

Imbas musim hujan tersebut membuat harga bawang bombay melambung dengan kenaikan tertinggi sebesar Rp 6.000 per kg. Selain itu, karna curah hujan yang tinggi, kembang kol yang dijualnya menjadi tidak laku karena warnanya yang menguning. Bahkan sayuran seperti gambas atau oyong sudah sepekan menjadi komoditas langka di pasaran.

Advertisement

“Yang paling tinggi kenaikannya itu harga bawang bombay, sampai Rp 6.000 per kilogram (kg). Padahal minggu kemarin masih Rp 20 ribu per kg, sekarang sudah Rp 26 ribu per kg. Sayur lainnya yang parah itu kol, jelek-jelek, banyak yang kuning warnanya, pelanggan jadi tidak mau beli,” tuturnya.

Menurutnya, sejak awal tahun baru harga-harga sayuran sudah mulai merangkak naik. Sementara itu, kenaikan harga selama sepekan juga dirasakan Yani (20), pedagang sembako di pasar yang sama.

Baca: 156 Paket Proyek Belum Dilelang, Syamsuar Soroti Kadis yang Kerjanya Lamban

“Harga-harga kebutuhan pokok seperti telur, terigu, gula pasir, beras, naik semuanya. Rata-rata sih naiknya masih 1.000-2.000 per kg,” terangnya.

Dia berharap musim hujan bisa cepat berlalu agar harga-harga kembali normal dan penjualannya lancar.

Berikut sejumlah harga kebutuhan pokok dan sayuran pada hari ini berdasarkan pantauan Liputan6.com:

Daging sapi Rp 110 ribu per kg

Daging ayam Rp 31 ribu per ekor

Daging ayam potong Rp 20 ribu per ekor

Minyak goreng curah Rp 12 ribu per kg

Tepung terigu Rp 9.000 per kg

Gula pasir Rp 12 ribu per kg

Beras kualitas baik Rp 13 ribu per kg

Telur Rp 18 ribu ribu per kg

Cabai rawit merah Rp 35 ribu per kg

Cabai rawit hijau Rp 25 ribu per kg

Jagung Rp 3.000 per buah

Cabai merah keriting Rp 40 ribu per kg

Bawang merah Rp 15 ribu per kg

Bawang putih Rp 14 ribu per kg

Bawang bombay Rp 26 per kg

Kentang Rp 12 ribu per kg (liputan6.com)