Harga Minyak Dunia Kian Mendekati US$ 100 per Barel

Rabu, 03 Juli 2013 10:02
Harga Minyak Dunia Kian Mendekati US$ 100 per Barel
BERTUAHPOS, NEW YORK – Harga minyak mentah dunia untuk pertama kalinya mendekati level US$ 100 per barel di tahun ini. Kondisi ini dampak kekhawatiran para pedagang tentang gangguan pasokan di Timur Tengah di tengah antisipasi peningkatan permintaan minyak di Amerika Serikat.
Â
Harga patokan minyak mentah AS untuk pengiriman Agustus naik US$ 1,61, atau 1,6% menjadi US$ 99,60 per barel di New York setelah naik mencapai US$ 99,87 per barel, mengutip laman Associated Press, Rabu (3/7/20130.
Â
Harga minyak sempat melewati US$ 100 per barel pada 14 September 2012 lalu. Sementara harga minyak mentah Brent naik US$ 1 menjadi US$ 104 per barel di bursa ICE Futures London.
Â
Para pemrotes di Mesir yang mendesak Presiden Mohammed Morsi untuk segera meninggalkan jabatannya, mulai mengancam dengan kekuatan militer.Â
Â
Kondisi di Mesir serta perang sipil di Suriah membuat pedagang khawatir dapat mempengaruhi produksi dan transportasi pasokan minyak di Timur Tengah dan Afrika Utara.
Â
Pedagang juga masih menanti laporan mingguan Departemen Energi AS tentang stok minyak mentah negaranya pada hari ini.Â
Â
Mengacu data sebelumnya pada 28 Juni, diharapkan menunjukkan hasil imbang dari 3 juta barel dalam stok minyak mentah, menurut survei analis Platts, Informasi Energi McGraw-Hill Cos Itu akan menjadi penurunan pertama dalam 4 minggu, di mana harga minyak didukung perkiraan.
Â
Selain itu, BP PLC mengatakan kilang unit baru berkapasitas 250 ribu barel per hari di di Whiting, Indiana, mulai beroperasi.Â
Â
Unit ini awalnya akan memproses minyak light, sweet crude, yang menurut analis akan meningkatkan permintaan untuk minyak mentah Barat Texas Intermediate, yang jadi patokan AS. (liputan6.com)