Haier Akan Bangun Pabrik Ponsel di Indonesia

Kamis, 13 Maret 2014 13:39

BERTUAHPOS.COM- Indonesia adalah salah satu negara yang dianggap strategis bagi para produsen ponsel dunia untuk memasarkan produk mereka. Dan demi mengoptimalkan pemasaran di Indonesia, sejumlah vendor ponsel membangun pabriknya di Tanah Air.

Vendor elektronik asal China, Haier pun berencana membangun fasilitas pabrik di Indonesia. Pabrik itu nantinya akan difungsikan sebagai lokasi perakitan dan pengemasan ponsel.

“Kami berencana untuk membuka pabrik smartphone di Indonesia. Nantinya pabrik itu akan menangani proses perakitan dan pengemasan, sementara waktu komponen masih dikirim dari luar negeri,” ungkap Kevin Jap, Country Manager Haier Indonesia.

Dijumpai dalam acara Media Trip 2014 ke China yang turut dihadiri tim Tekno Liputan6.com, Kevin menambahkan bahwa pembangunan pabrik ponsel Haier ditargetkan bisa beroperasi pada akhir tahun ini.

Baca: Harga Emas Antam Masih ‘Kinclong’, Dalam 3 Hari Naik Rp 11.000/Gram

“Targetnya pabrik ponsel Haier bisa beroperasi akhir 2014. Sekarang sedang masih diproses soal izinnya ke pemerintah, mudah-mudahan di bulan September sudah bisa beroperasi,” tambah Kevin.

Pabrik yang akan dibangun Haier diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pesanan ponsel dari pasar Indonesia. Sebelumnya, ponsel Haier yang dipasarkan di Indonesia berasal dari pabrik yang ada di China.

“Kita harapkan pembangunan pabrik di Indonesia bisa lebih efisien soal biaya pengiriman produk yang sebelumnya dilakukan dari China. Selain itu juga kami harap bisa menyerap tenaga kerja dari penduduk sekitar,” tandas Kevin.

Meski begitu, Kevin masih belum mengungkap berapa investasi yang disiapkan oleh perusahaannya untuk membangun pabrik ponsel milik Haier di Tanah Air.(lptn6)