Garuda Pekanbaru-Padang Sepi Penumpang

Sabtu, 01 Juni 2013 15:19

BERTUAHPOS, PEKANBARU -Rute penerbangan Pekanbaru-Padang dan sebaliknya yang dilayani maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia masih sepi penumpang atau terisi sekitar 46 dari 92 tempat duduk yang tersedia.

Staf bagian pemasaran PT Garuda Indonesia kantor Cabang Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, mengatakan, rute baru ini belum lagi optimal namun manajemen berkeyakinan kedepan kursi terisi akan makin tinggi.

Neo menyebutkan 92 seat yang tersedia itu terdiri atas 84 kelas ekonomi dan 12 kelas bisnis dengan hanya satu pesawat berangkat tiap hari pukul 18.00 WIB untuk rute PKU-Padang dan rute  Padang-PKU pukul 16.45 WIB dengan 25 menit perjalanan.

Jenis pesawat yang dioperasionalkan adalah CRJ 1000 superjet yang jauh lebih nyaman bagi penumpang. Sedang harga tiket pada tahap awal masih dalam promosi sebesar Rp370 ribu hingga harga tertinggi Rp436 ribu.

Baca: Jualan Online Jaman Now, Waktunya UKM Pekanbaru Melek e-Commerce

 “Setelah masa promo berakhir kini harga tiket garuda mencapai Rp436 ribu hingga maksimum Rp718 ribu,” katanya dan menambahkan bahkan ada lagi banyak diskon yang dibuka pada acara Garuda travel fair di mall Ciputra Pekanbaru pada 31 Mei – 2 Juni 2013 dalam rangka HUT Garuda ke-64.

Selama masa itu, penumpang yang membeli tiket pesawat pada Garuda travel fair itu penumpang mendapat diskon untuk penerbangan domestik sebesar 15 persen dan penerbangan internasional sebesar 20 persen.

Warga Kota Pekanbaru, Amanda (40) lebih memilih naik pesawat udara menuju Kota Padang yang bisa dicapai dalam 25 menit itu ketimbang melalui jalan darat  atau mobil travel yang ditempuh selama tujuh hingga sembilan jam perjalanan.

“Kita bisa menghemat tenaga dan waktu tempuh delapan jam jika melalui jalan darat,” katanya peluang terbang dengan garuda rute Padang-Pekanbaru dan Pekanbaru-Padang sangat efektif khususnya bagi lanjut usia.

Akan tetapi harga tiket yang dipasarkan masih tergolong mahal, namun demikian untuk lebih meningkatkan animo masyarakat untuk menggunakan jalur penerbangan maka sebaiknya garuda menekan harga agar bisa terjangkau oleh masyarakat. (pekanbaru.tribunnews.com)