Dirjen Tantang Pekanbaru Bikin RPH Modern

Selasa, 19 Agustus 2014 17:55

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU- Untuk mengantisipasi kebutuhan akan daging segar yang semakin meningkat, Pekanbaru butuh Rumah Potong Hewan (RPH) Modern. Dengan begitu kebutuhan masyarakat Pekanbaru yang saat ini mencapai 2000 ton per tahunnya terpenuhi.

Hal tersebut disampaikan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ir Syukur Iwantoro, saat menghadiri penyerahan bantuan sapi ternak oleh Walikota Pekabaru, Firdaus MT kepada kelompok masyarakat.

“Melihat tingginya permintaan daging di Kota Pekanbaru, dan pertumbuhan ekonomi, saya melihat Pekanbaru bakal ramai swalayan. Untuk itu butuh RPH modern agar semuanya permintaan bisa dipenuhi,” ujarnya di Plaza Ternak Pekanbaru, Selasa (19/08/2014).

Dengan konsep modern RPH, bakal mempermudah Kota Pekanbaru memenuhi pasokan di swalayan-swalayan yang ada di Pekanbaru yang terus meningkat pesat. Sebab konsep modern yang seperti salah satu BUMN PT Berdikari (Persero), mulai dari pemotongan hingga pengemasannya semua modern dan berstandar internasional.

Baca: Bermodal Rp 200 Juta, Fajar Kembangkan Real Estate Miliaran Rupiah

“Karena orang kan butuh daging segar, bukan sapinya,” sebut Iwantoro.

Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Pertanian, Kota Pekanbaru, Edward. Kota Bertuah baru bisa menyediakan sekiar 32 persen atau setara 3549 ekor dari kebutuhan 1juta penduduk Pekanbaru pertahunnya. “Untuk itu kita telah mengupayakan program peningkatan produksi hewan ternak, seperti bantuan 200 sapi untuk kelompok masyarakat. Sehingga harapannya, kita tidak lagi bergantungan daging segar dari provinsi lain,” sebutnya. (riki)