Dibanderol Hingga Jutaan Rupiah, UMKM Keluhkan Harga Stand Bazar Pekanbaru City Market Festival

Kamis, 07 Maret 2019 12:48

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pelaku dunia Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mengeluhkan tingginya harga stand bazar kegiatan Pekanbaru City Market Festival yang dibanderol panitia.

Menurut beberapa pelaku UMKM, harga sebesar Rp1,1 juta selama tiga hari pelaksanaan Pekanbaru City Market Festival, dinilai tidak akan mampu tertutupi dengan biaya hasil penjualan.

“Harga sewa untuk UMKM berjualan sangat tinggi. Saya UMKM jasa, bukan produk yang bisa langsung dijual di lokasi bazar, dan benar-benar masih minim modal. Jadi dengan biaya segitu jelas belum sanggup. Jangankan biaya sewa stand, saya rasa dari hasil jualan saja nantinya pasti tidak akan tertutup biaya modal,” ujar Geo salah seorang pelaku dunia UMKM yang ditemui bertuahpos.com, Kamis 7 Maret 2019.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Ranti. Pelaku UMKM di Kota Pekanbaru ini mengatakan sewa tempat yang disediakan di kegiatan Festnight Pekanbaru sangat tinggi dibandingkan bazar lainnya.

Baca: Pekan Ini Harga Sawit Turun Lagi

“Biasanya yang kami ikuti kalau ada bazar outdoor setengah hari paling Rp200rban. Lebih dari itu, panjang mikirnya (ikut atau tidak), karena kita pagi bawa terus malam mesti kemas-kemas untuk pulang,” keluh perempuan berkacamata tersebut.

Sementara Ngaini, seorang pelaku UMKM khususnya pembuatan mainan miniatur truk ini, mengatakan tingginya harga stand Festnight akan membuat UMKM enggan mememeriahkan acara yang disuport penuh oleh Pemerintah Kota Pekanbaru tersebut.

“Kalau mahal begini takut pelaku UMKM tidak mau ikut, padahal kami sangat ingin sekali tampil di bazar-bazar. Awalnya saya kira juga gratis karena pemerintah yang mengadakan, apalagi ada seleksi penentuan siapa UMKM yang boleh ikut, ehh ternyata tidak,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Nufaizal selaku Kepala Dinas Pariwisata Kota Pekanbaru, mengatakan pihaknya akan mengkaji hal tersebut dengan panitia penyelenggara.

“Kami hanya menutup jalan, yang mengelola itu kan Riau Creative Hub. Pemerintah kan gak boleh mungut. Cuma ini kan karena menampilkan kreativitas anak muda dan 16 sub sektor ekonomi kreatif. Ini kami mau merapat,” jawabnya dengan singkatnya.

Seperti yang diketahui, kegiatan Pekanbaru City Market Festival disambut pelaku UMKM karena menyediakan tempat khusus untuk berdagang. Kegiatan Pekanbaru City Market Festival ini rencanya akan digelar mulai tanggal 5 April hingga 7 April 2019 mendatang di Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru. (bpc9)