Bu Menteri Bilang Tak Ada UKM yang Ngeluh Kena Pajak 1%, Ah Masa!

Minggu, 14 Juli 2013 11:22
Bu Menteri Bilang Tak Ada UKM yang Ngeluh Kena Pajak 1%, Ah Masa!
BERTUAHPOS, JAKARTA – Per 1 Juli 2013, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang punya omzet Rp 1- Rp 4,8 miliar per tahun dikenai pajak 1 persen. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu bilang tak ada UKM yang mengeluh soal itu.
Â
Sejauh ini kata Mari, belum ada pengusaha UKM atau ekonomi kreatif yang mengeluhkan soal pajak 1%.
Â
“Tidak ada keluhan dari mereka (UKM), karena dianggap bisa membuat UKM naik kelas dari sektor informal menjadi formal tanpa beban yang terlalu besar. Kan sudah ada hitung-hitungannya,” tandas Mari di acara sidak ke Pasar Tanah Abang dan Thamrin City pada 12 Juli 2013 seperti ditulis Minggu (14/7/2013).
Â
Mari bilang, pemerintah akan memantau pelaksanaan pajak tersebut, dan mengevaluasi apabila dirasa memberatkan pelaku UKM dengan omzet mulai dari Rp 1 sampai dengan Rp 4,8 miliar per tahun.
Â
Sedangkan Manajemen Pengelola Blok B Pasar Tanah Abang, Ho Meli mengakui bahwa omzet pedagang busana di pusat grosir tersebut bisa mencapai Rp 1 miliar per hari.
Â
“Saya sudah dengar pajak UKM 1%, karena Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) pernah datang dan memberikan penyuluhan terkait pajak ini,” kata Ho Meli. (liputan6.com)