BPJS Kesehatan Masih Membutuhkan Rumah Sakit Baru

Sabtu, 07 Juni 2014 09:39

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Jumlah kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Riau mencapai 50 ribu jiwa. Angka tersebut diperkirakan terus mengalami peningkatan.


Seperti diungkapkan Kepala BPJS Kesehatan Divisi Regional II, Benjamin Saut PS, Jumat (6/6/2014) usai penandatanganan MoU dengan RS Awal Bros Panam. Jumlah peserta BPJS Kesehatan secara nasional juga terus berkembang pesat. “Saat ini di Indonesia, jumlah peserta sudah mencapai 120,9 juta peserta. Angka itu sudah melebihi target BPJS kesehatan yang harusnya tahun 2019 berjumlah 120,6 juta peserta,” terangnya.


Dengan pertumbuhan jumlah peserta, berimbas pada daya tampung Rumah Sakit (RS) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Alhasil, BPJS Kesehatan masih memerlukan RS baru untuk bekerja sama.


“Karena memang secara rasio masih kurang. Dari segi kapasitas RS tidak memungkinkan, sehingga RS baru masih dibutuhkan,” tambah Benjamin Saut.

Baca: Harga Daging dan Telur Ayam di Pekanbaru Mulai Turun, Ini Harganya


Ia menambahkan, selama ini BPJS Kesehatan hanya melayani peserta di kantor cabang Pekanbaru dan kantor divisi II regional.  Bahkan, BPJS Kesehatan juga sudah membuka cabang baru pada April lalu di Panam. Ternyata, penambahan itu juga tidak menurunkan jumlah peserta yang mendaftar.


Ini menunjukkan kesadaran masyarakat untuk mengasuransikan dirinya di kesehatan sangat tinggi. Hal itulah yang menjadi alasan BPJS ingin terus menambah kerja samanya dengan rumah sakit untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan. (syawal)