BPH Migas: Kami Hanya Memastikan Tak Ada Masyarakat Riau ‘Tercekik’

Senin, 10 Mei 2021 18:15
BPH Migas: Kami Hanya Memastikan Tak Ada Masyarakat Riau ‘Tercekik’

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) M Lobo Balia mendorong agar PT. Pertamina (Persero) untuk menaruh perhatian besar terhadap ketersediaan BBM dan gas LPG di Provinsi Riau. Terutama pada hari-hari besar keagamaan seperti Idul Fitri 1442 H/2021 nanti.

“Satgas yang kami bentuk memang bertugas untuk memantau ketersediaan BBM dan Gas LPG, makanya kami turun ke Riau, untuk memastikan tak ada masyarakat yang ‘tercekik’ dalam kondisi seperti ini,” ujarnya kepada Bertuahpos.com, Senin, 10 Mei 2021.

Advertisement

Dia menambahkan, dalam peninjauan yang dilakukan pihaknya ke Terminal BBM Sei Siak, di Jalan Tanjung Datuk pada 10 Mei 2021, pihak Pertamina menjamin bahwa ketersediaan BBM dan gas LPG untuk lebaran nanti masih tergolong aman dan cukup.

Lobo Balia mengungkapkan, Pertamina menjamin ketersedian stok untuk 6 hari kedepan masih aman, di mana rata-rata kebutuhan BBM per hari untuk di Riau saat ini 2.500 kiloliter, dan masih cukup untuk memenuhi kebutuhan selama 6 hari kedepan.

Baca: Harga Emas Antam Jatuh Rp 7.000/Gram di Awal Pekan

BACA JUGA:  Waspada Karhutla, Doni Monardo Pernah Ingatkan Kedalaman Gambut Riau 36 Meter

“Sejauh ini mereka [Pertamina] juga bisa menjamin untuk pendistribusian kedua komoditi itu ke daerah, juga tak ada masalah,” terangnya.

Sedangkan laporan yang didapat dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral [ESDM] Provinsi Riau, diungkapkan Lobo, dalam 2 tahun belakangan tidak ada pengaduan yang masuk terkait masalah ketersediaan BBM dan gas LPG dari masyarakat.

Hal ini juga dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah yang membatasi kegiatan mudik pada lebaran Idul Fitri, serta penyekatan di banyak tempat di Riau. Sehingga aktivitas masyarakat dalam berkendara juga berkurang. 

“Namun demikian kebutuhan terhadap gas LPG meningkat, karena orang lebih banyak beraktivitas di rumah saja,” sebutkan. (bpc2)