Bos PLN Jamin Byar-Pet di Sumatera Berakhir Pekan Ini

Kamis, 17 Oktober 2013 01:08

BERTUAHPOS.COM, PACITAN – PT PLN (Persero) menjamin krisis listrik di Sumatera Utara dan sebagian wilayah Aceh berakhir minggu ini. Karena genset yang disewa sudah mulai masuk dan akan segera beroperasi dalam waktu dekat.

“Genset-genset yang didatangkan dari luar Sumatera sudah masuk ke pelabuhan dan akan secepatnya beroperasi dan memasok listrik ke pelanggan,” kata Direktur Utama PLN Nur Pamudji ditemui di PLTU Pacitan, seperti dikutip, Kamis (17/10/2013).

Dengan sudah masuknya genset yang disewa dengan total 150 mega watt (MW) tersebut, maka krisis listrik di Sumatera Utara bisa berakhir.

“Dengan masuknya genset-genset ini dengan kapasitas total 150 MW maka defisit listrik bisa segera teratasi,” ucap Nur.

Baca: Ini Cara Agar Bisnis Online Anda Cepat Meroket.

Namun walau sudah memenuhi defisit listrik tersebut PLN masih khawatir karena tidak bisa menjamin 100% byar-pet berakhir.

“Defisitnya dengan masuknya genset ini bisa teratasi, tapi kita tentu masih was-was, karena dalam sistem kelistrikan PLN walau suplai cukup tentu harus ada cadangan listrik, nah ini belum ada,” katanya.

Seperti diketahui krisis listrik di Sumatera Utara dan beberapa wilayah di Aceh membuat daerah tersebut mengalami mati lampu alias byar-pet hampir terjadi setiap hari.

Krisis listrik terjadi karena pasokan listrik daerah tersebut defisit diakibatkan beberapa pembangkit listrik harus dimatikan karena harus dilakukan perawatan karena telah beroperasi cukup lama.

Defisit listrik diperparah karena dua proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Nagan Raya dan Pangkalan Susu di daerah tersebut terlambat selesai pengerjaanya.(detik.com)