Berharap Riau Science Techno Park Jadi Tumpuan Ekonomi Daerah

Kamis, 24 September 2020 08:30
Berharap Riau Science Techno Park Jadi Tumpuan Ekonomi Daerah
Gubernur Riau Syamsuar saat mengunjungi RSTP di Kabupaten Kampar.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Keberadaan Riau Science Techno Park (RSTP) di Kampar diharapkan bisa menjadi tumpuan ekonomi daerah, dengan konsep berbasis teknologi informasi yang diusung.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, bentuk dukungan pemerintah dengan memperkuat agar RSTP jadi badan layanan umum atau BLUD, sehingga bisa dikerjasamakan dengan UMKM dan pihak swasta.

Advertisement

“Ini bisa dijadikan tempat edukasi dan pembelajaran anak-anak sekolah maupun mahasiswa. Sekaligus menjadi tempat wisata edukasi bagi masyarakat,” kata Syamsuar.

Syamsuar juga menginginkan kawasan ini dimanfaatkan untuk penghijauan dengan menanam pohon bernilai ekonomi tinggi sebagai sumber pendapatan asli daerah bagi Pemprov Riau dimasa yang akan datang.

Baca: Premium Jadi Rp 6.500 dan Solar Rp 5.500, Pemerintah Berharap Utang Menurun

RSTP kini sudah bermitra dengan 114 UMKM yang memproduksi berbagai kebutuhan masyarakat seperti hand sanitizer, etanol, ikan dalam kemasan, pengolahan air gambut, pengalengan produk makanan, dan lainnya..

Keberadaan RSTP merujuk pada Perpres No. 106 Tahun 2017 Pasal 1, Kawasan Sains dan Teknologi (Science Techno Park) adalah Wahana yang dikelola secara profesional untuk mengembangkan dan mendorong pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan melalui pengembangan, penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan penumbuhan perusahaan pemula berbasis teknologi.

Sementara, Science Techno Park (STP) sendiri berdasarkan Pasal 4, Perpres No. 106/2017 memiliki tiga fungsi diantaranya, pertama untuk kerja sama penelitian dan pengembangan berkelanjutan antara Pemerintah (Pusat/Daerah), Perguruan Tinggi/Lembaga Litbang, dan Industri.

Kedua, sebagai fasilitator penumbuhan perusahaan berbasis Inovasi melalui Inkubasi bisnis dan/atau Spin Off. Ketiga, sebagai penyedia layanan bernilai tambah dan berkualitas kepada penerima layanan kawasan sains dan teknologi. (bpc2)

Berita Terkini

Rabu, 28 Oktober 2020 18:10

STISIP Persada Bunda Jalani Asesmen Lapangan oleh BAN PT Secara Daring

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melakukan asesmen lapangan (AL) secara daring terhadap Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisip)…

Rabu, 28 Oktober 2020 14:46

Menghentikan Ancaman Hidrometeorologi, Cabut Izin Korporasi Perusak Hutan

#hutan #Hidrometeorologi

Rabu, 28 Oktober 2020 14:22

UMP Riau Sudah Ditetapkan

#ump #upah

Rabu, 28 Oktober 2020 14:13

Sri Mulyani: Pemda Akan Disuntik Insentif

#srimulyani #keuangan

Rabu, 28 Oktober 2020 14:01

Hati-hati Munafik Beribadah Kepada Allah

ISLAMPEDIA