Berapa ya Total Aset Negara Indonesia? Ini Dia Jawabannya

Kamis, 31 Oktober 2013 13:22
Berapa ya Total Aset Negara Indonesia? Ini Dia Jawabannya

BERTUAHPOS.COM JAKARTA -Indonesia ternyata memiliki nilai aset yang luar biasa besarnya. Tercatat pada tahun 2012, total aset di seluruh kawasan RI adalah Rp 3.023,44 triliun. Angka tersebut naik dari tahun 2011 yang sebesar Rp 2.423 triliun.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Keuangan Chatib Basri saat acara refleksi dan apresiasi pengelolaan barang milik negara (BMN) oleh Kementerian Lembaga di Gedung Danapala, Kemekeu, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Kamis (31/10/2013)

Advertisement

“Pada tahun 2012 nilai aset seluruh Indonesia Rp 3.023,44 triliun dalam laporan keuangan pemerintah tahun 2011, hal ini mengalami peningkatan sebesar 24,7% dibandingkan dengan posisi tahun sebelumnya Rp 2.423 triliun,” ujarnya.

Besarnya nilai aset negara, menurut Chatib perlunya dijaga dengan sebaik-baiknya. Ini merupakan tanggung jawab bagi setiap instansi untuk mengelola, menjaga dan melaporkan setiap tahunnya.

Baca: Deadline RUPS BUMD di Riau Diperpanjang Hingga Agustus 2020

“Besarnya aset ini menyadarkan pemerintah untuk mengelola aset secara transparan akuntable, sesuai dengan prinsip-prinsip good governance untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat,” jelasnya.

Ia menuturkan reformasi hukum di bidang BMN ditandai dengan peraturan pemerintah no 6 tahun 2006 tentang pengelolaaan barang milik negara atau daerah yang merupakan aset administrator menjadi manager.

“Saya kira di sini ada perubahan yang cukup signifikan karena fungsinya berbeda sekali dari administrator menjadi aset manager. Manager disini tentunya juga kan bersifat lebih aktif, ketimbang hanya sekedar mengadministrasikan aset aset yang kita miliki,” pungkasnya.(detik.com)