Aset Koperasi Pekanbaru Capai Rp 1,4 Triliun

Selasa, 13 Juni 2017 14:10

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU- Dinas Koperasi dan UMKM Pekanbaru terus menata dan membina ratusan koperasi-koperasi yang ada. Tercatat hingga saat ini masih ada 1029 koperasi yang tercatat di Diskop UMKM Pekanbaru.

Seperti yang disampaikan Sekretaris Diskop UMKM Pekanbaru, Ardiansyah kepada kru bertuahpos.com. “Sementara ini kita catat ada 390 koperasi aktif, Sedangkan 639 koperasi tidak aktif,” sebutnya, Selasa (13/06/2017).

Di samping itu Ardiansyah sampaikan bahwa, ternyata aset koperasi yang ada di Pekanbaru mencapai Rp 1,4 triliun lebih. Dengan omzet Rp 1,3 triliun lebih dan Sisa Hasil Usaha (SHU) Rp 56 miliar lebih. “Paling banyak koperasi di Pekanbaru berbentuk serba usaha, lalu koperasi karyawan,” sebutnya.

Baca: Kesadaran UMKM Pekanbaru Urus Hak Merek Masih Rendah

Baca: Tekan Cost, Petani Bisa Menangkar Sawit Sendiri

Ardiansyah sampaikan hal tersebut menggembirakan. Apalagi kini koperasi sudah mulai membenahi diri tidak khususnya pada bagian administrasi. “Selain itu juga banyak koperasi kita yang menjadi rekanan Bulog dalam menjual barang harian. Selain itu juga nantinya ada rencana Disperindag menjadikan koperasi tempat penjualan gas bersubsidi,” katanya.

Di samping itu Ardiansyah sampaikan pihaknya masih terus mengevaluasi koperasi-koperasi yang tidak aktif. Bahkan sudah ada 200 koperasi yang diusulkan untuk dibekukan atau dibubarkan. “Saat ini baru 166 koperasi yang RAT (Rapat Anggota Tahunan). Kalau koperasi tidak RAT dua tahun berturut-turut maka dinyatakan tidak aktif,” katanya. (bpc2)