Apindo: Pekanbaru Ambil Manfaat Lebih Cepat Dari Tol

Jumat, 29 November 2019 06:17
Apindo: Pekanbaru Ambil Manfaat Lebih Cepat Dari Tol

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyimpulkan bahwa Pekanbaru akan mengambil manfaat paling cepat setelah dioperasikannya tol Pekanbaru-Dumai.

Ketua Apindo Riau, Wijatmoko Rahtrisno mengatakan Pekanbaru yang merupakan Ibukota provinsi, menjadi daerah transit sehingga tingkat kunjungan akan meningkat. Sementara Dumai sendiri masih hanya sebatas daerah tujuan industri.

Advertisement

“Selama ini yang memenuhi mal di Pekanbaru itukan orang-orang dari Kampar, Siak, Pelalawan atau daerah lain yang masih tergolong dekat. Nanti kalo tol ada, orang Dunai dan Rohil juga lebih mudah ke Pekanbaru,” ungkapnya.

Dari sisi logistik, Wijatmoko menyimpulkan bahea daerah-daerah seperti Duri harus lebih cepat beradaptasi dengan kondisi ini. Masyarakat dari Dumai dan Rohil cenderung akan lebih memilih ke Pekanbaru untuk mengambil barang kebutuhan sehingga sangat memungkinkan akan menurunkan tingkat transaksi di Duri.

Baca: Dirut dan Direktur Operasional Bank Riau Kepri Bersilaturrahmi Dengan Kapolda Riau

“Harganya lebih murah dan lebih cepat kan, mending ke Pekanbaru,” ujar Wijat. Kondisi ini, kata Wijat, perlu disikapi secara cepat oleh Pemda sebab jika dibiarkan, dikhawatirkan daerah-daerah tersebut tidak meradakan dampak dari keberadaan tol Pekanbaru-Dumai.

Selain itu, dukungan infrastruktur lain juga perlu secara cepat diambil tindakan oleh Pemda. Sejatinya, daerah memang harus lebih siap untuk mengantisipasi segala kondisi yang mungkin terjadi dengan adanya tol. Diantaranya mengenai ketersediaan infrastruktur jalan lingkar, dan rekayasa lalu lintas untuk mengatasi lonjakan volume kendaraan. (bpc3)