Ancaman untuk Spekulan Disebar

Sabtu, 22 April 2017 07:53
Ancaman untuk Spekulan Disebar

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Setiap kali menjelang perayaan hari raya keagamaan, harga kebutuhan pokok   kerap ‘bertingkah’.

Sepertinya, para pedagang atau spekulan, tidak rela jika tidak meraup untung besar pada momentum itu. Termasuk momentum menjelang masuknya bulan puasa.

Advertisement

Pemerintah seperti tak mau kecolongan untuk kesekian kalinya. Komitmen cegah harga dipermainkan spekulan, ancaman  kepada spekulan yang ingin bermain, ditebarkan.

“Saya pastikan spekulan saat ini tidak akan berani, karena kami punya stok, mentan juga punya stok,” kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito.

Baca: Akhir Pekan, Harga Daging Ayam Ras di Pekanbaru Turun Jadi Rp 20 Ribu Perkilogram

“Kami akan mendata semua distributor bahan pangan pokok. Jika menolak,  ijin akan kami cabut. Kami anggap distributor   melakukan perdagangan ilegal,”  ancam Enggar.

Enggar mengakaui kebijakan pengadaan stok ini tidak bersifat temporary. “Namun,  Kemendag dan Kementan akan terus mengawal,  mengevaluasi keberadaan stok pangan,” ujarnya.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman, yang mengurusi aspek produksi bahan pangan itu, menyampaikan  saat ini stok pangan menjelang ramadhan dan hari raya aman.  Entah itu  gula, daging, gula dan telur ayam.

“Stoknya tersedia, secera keseluruhan saya katakan stok kita aman.”

Di Riau sendiri, langkah seperti itu juga sudah dilakukan oleh Pemprov Riau. Rakor tentang ketersediaan stok sembako di Riau juga sudah dilakukan bersama dengan perwakilan pihak Kementerian Perdagangan RI. Hasilnya, semua pihak dan instansi ikut berkomitmen untuk melakukan pemantauan harga sembako supaya tidak berlebihan pedagang menaikan harga.(bns/bpc3)