Akhir 2019 Ini Satu Pintu Tol Pekanbaru-Dumai Dibuka

Kamis, 28 November 2019 12:15
Akhir 2019 Ini Satu Pintu Tol Pekanbaru-Dumai Dibuka
Akhir 2019 Ini 1 Pintu Tol Pekanbaru-Dumai Dibuka/net

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Akhir 2019 ini 1 pintu tol Pekanbaru-Dumai sudah akan dibuka. Tergat ini sudah disepakati sejak awal, oleh sebab itu diupayakan untuk digesa akhir tahun ini.

Sekretaris Perusahan Hutama Karya, M. Fauzan mengatakan seharusnya pembukaan pintu tol ini memang bisa dibuka lebih cepat. Namun karena beberapa kendala sehingga baru bisa dibuka akhir 2019 ini

“Diantara kendalanya karena pembebasan lahan. 1 pintu tol yang akan dibuka ini panjangnya sekitar 12 kilometer,” ungkapnya dalam diskusi panel yang diselenggarakan Bisnis Indonesia di Pekanbaru, Kamis, 28 November 2019.

Fauzan menjelaskan panjang tol Pekanbaru-Dumai 131 kilometer dengan kecepatan rata-rata kendaraan yang melintas di jalur ini sekitar 100 kilometer per jam. Tol ini diestimasikan volume kendaraan sampai 7.000 per hari dari volume ideal tol 25 ribu per hari.

Baca: Akhirnya Pemkab Inhu, Hentikan Pembangunan PMKS ‘Ilegal’ Asian Agri

“Tol Pekanbaru-Dumai menghabiskan dana sebesar Rp16 triliun,” jelasnya.

Dijelaskan, kehadiran tol Pekanbaru-Dumai akan mendukung integrasi pesisir Barat dan Timur dengan menghubungkan HUB regional dan internasional. Kemudian diyakini pula akan membantu untuk pemerataan distribusi logistik, menunjang pembangunan pesisir Barat dan mengurangi metimpangan masyarakat.

Untuk diketahui secara keseluruhan pembangunan tol trans Sumatera sepanjang 2.765 kilometer yang terdiri dari 24 ruas jalan tol hingga tahun 2024 kedepan. Sedangkan total investasi sebesar Rp476 triliun.

Dari 24 ruas tol Trans Sumatera ini terdapat 8 tol prioritas dan harus segera terwujud. Dimana 74% penggunaan tol ini akan diuntungkan untuk kegiatan logistik. (bpc3)