Ada Jalur Ganda KA Jakarta-Surabaya, 1 Juta Kontainer Pindah Dari Jalan

Selasa, 21 Januari 2014 16:57

BERTUAHPOS.COM, Jakarta – Proyek jalur ganda (double track) kereta api Jakarta-Surabaya garapan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) diyakini mampu mengurangi lalu lintas 1 juta kontainer di jalan raya.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan, pembangunan jalur ganda ini tidak hanya menghubungkan 2 pusat ekonomi di Indonesia. Namun, akan mampu menekan padatnya jalan raya akibat frekuensi perjalanan kontainer.

“Fokus jalur Jakarta-Surabaya menyambungkan 2 pusat keuangan jadi koridor ekonomi baru. Ini akan meningkatkan kapasitas 2-3 kali lipat, 1 juta kontainer bisa pindah dari jalan raya ke kereta,” ujar Bambang saat acara Indonesia Investor Forum 3 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Selasa (20/1/2014).

Menurutnya, bukan hal yang mustahil keberadaan jalur ganda ini meningkatkan efisiensi moda transportasi di wilayah Jawa. “Target 1 juta kontainer tidak mengada-ada, jalan raya lebih efisien, konsumsi energi dan polusi berkurang, jalan nggak cepat rusak,” terangnya.

Baca: Utang Kartu Kredit Anda Menumpuk, Ini 3 Langkah Mengatasinya

Di samping itu, Bambang menambahkan, ke depan pembangunan moda transportasi darat tidak hanya dikembangkan di wilayah Jawa tapi juga luar Jawa. Ini tak lain untuk terus meningkatkan layanan infrastruktur yang memadai.

“Pada 2020, 2025, 2030 kereta api terjaring tidak hanya di Jawa tapi Sulawesi, Kalimantan, dan Papua sehingga bisa sama-sama efisien,” pungkasnya.(detik.com)