6 Cerita Bisnis Paling Top di Dunia Sepanjang 2013

Jumat, 27 Desember 2013 10:10

BERTUAHPOS.COM, NEW YORK – Sepanjang 2013 ini, lika-liku perekonomian dunia banyak menorehkan kisah menarik untuk disimak. Tengok saja bagaimana nasib Amerika Serikat (AS) yang sempat terancam bangkrut karena telah melampaui batas pembayaran utangnya.

Seperti dikutip dari Money CNN, Jumat (27/12/2013), sejumlah lembaga pemerintahan AS sempat ditutup selama 16 hari dan negara tidak mampu membayar gaji para pegawai negeri. Tak hanya gonjang-ganjing di Negeri Paman Sam saja yang mejadi sorotan dunia di 2013.

Tetapi perusahaan telepon seluler Black Berry juga terancam gulung tikar karena dianggap gagal berinovasi. Lebih lengkapnya, berikut enam cerita bisnis paling top sepanjang 2013:

1. Penghentian operasional pemerintahan sementara (Shutdown Amerika Serikat)

Baca: Dibanderol Hingga Jutaan Rupiah, UMKM Keluhkan Harga Stand Bazar Pekanbaru City Market Festival

Penentuan batas pembayaran utang pemerintah Amerika Serikat (AS) telah berdampak panjang pada ekonomi negara tersebut.

Bahkan beberapa lembaga operasional pemerintah ditutup sementara. Selain itu, para pegawai negeri di AS mengaku tidak dibayar.

Setelah 16 hari ditutup kantor-kantor pemerintahan AS akhirnya kembali dibuka paska diperpanjangnya batas pagu utang AS.

Para pekerja pun kembali memperoleh gaji yang seharusnya. Namun dampak negatifnya masih terasa mengingat para ekonom yakin shutdown tersebut akan menurunkan produk domestik bruto (PDB) AS di akhir tahun.

2. Maskapai terbesar di dunia dibangun

Merjer besar-besaran antara maskapai U.S Airwyas dan American Airlines menjadi salah satu cerita bisnis terhebat sepanjang 2013.

Bagaimana tidak, gabungan dua perusahaan penerbangan ini membentuk maskapai terbesar di dunia. Departemen Keadilan AS mengatakan, kehadiran pesawat-pesawat di maskapai tersebut dapat membantu menggenjot bisnis penerbangan dengan biaya rendah.

3. Bitcoin

Kehadiran uang virtual Bitcoin mulai diperhitungkan dan marak diminati sebagian masyarakat tahun ini. Meski demikian mata uang elektronik ini masih menimbulkan keraguan dan tanda tanya akan jaminan keamanannya. Pasalnya, mata uang ini tidak beredar di bawah kewenangan lembaga keuangan.

Namun meski dengan volatilitas yang sangat tinggi, nilai jual mata uang virtual ini mampu melonjak dari harga US$ 14 di awal tahun hingga lebih dari US$ 1.200 pada akhir November.

4. IPO Twitter

Tahun lalu merupakan momen yang besar bagi dunia teknologi seiring dengan keputusan Facebook untuk menjual saham perdananya ke masyarakat (Initial Public Offering/IPO). Tahun ini, saham-saham Facebook sangat menggiurkan dan menguntungkan.

Tak mau ketinggalan, jejaring sosial Twitter juga melakukan penawaran saham perdananya pada November. Keputusan ini berhasil membuat kaya para pemiliknya. Lebih dari itu, harga sahamnya terus berkembang hingga lebih dari US$ 1.000.

5. Black Berry

Sepanjang 2013, Black Berry terjebak dalam mimpi buruknya. Perusahaan tersebut memang tidak mati. Tetapi Black Berry juga tidak dijual pada siapapun.

Tertekan dan bersaing di bawah tekanan Apple dan smartphone Android yang terus meningkat, Black Berry awalnya ingin menjual seluruh saham dan kepemilikannya. Tetapi tampaknya hingga akhir 2013, itu tak akan pernah terjadi.

6. Gebrakan satu tahun CEO Yahoo Marissa Mayer

Mantan pegawai Google yang akhirnya direkrut memimpin Yahoo sukses melewati tahun pertamanya dengan jabatan tersebut. Dia bahkan mencetak banyak uang dari pekerjaannya tersebut.

Beberapa gebrakan yang dilakukan Mayer diantaranya menghabiskan dana senilai US$ 1,1 miliar untuk membeli situs blogging Tumblr.

Dia juga merekrut mantan pembaca berita Katie Couric dan juga penulis bagian teknologi New York Times David Pogue.(Sis/Nrm)