5 Keuntungan Sikap Optimis untuk Karir Anda

Jumat, 07 Februari 2014 08:55
5 Keuntungan Sikap Optimis untuk Karir Anda
BERTUAHPOS.COM, NEW YORK – Banyak orang yang berharap bisa meyakini mimpi-mimpinya di kantor. Tetapi teguh pada keyakinan bukan hal mudah di tengah terpaan masalah pribadi dan profesional yang menghadang.
Â
Seperti dikutip dari Business Insider, meski sulit, orang-orang yang optimis saat bekerja dapat menampilkan kinerja lebih baik dibandingkan pegawai lain yang cenderung pesimis menghadapi sejumlah kendala di kantor. Selain itu, orang-orang berkeyakinan besar seringkali memiliki stamina yang lebih kuat saat bekerja.
Â
Tak hanya membuat Anda lebih bahagia, optimisme juga dapat membantu Anda agar jauh lebih sukses dari sekarang. Berikut lima rahasia yang membuat pegawai berkeyakinan tinggi mampu berpikir positif bahkan di tengah tekanan pekerjaan sekalipun:
Â
1. Selalu semangat bekerja
Banyak orang yang memaksa diri untuk bangun dan bekerja di pagi hari. Tetapi tidak bagi orang-orang yang bersifat optimis.
Â
Dengan sifatnya, mereka akan merasa sangat bahagia dan siap menghadapi tumpukan pekerjaan di kantor. Itu lantaran sifat optimisnya membuat dia memilih pekerjaan yang sangat diidamkan dan membuatnya semangat bekerja.
Â
2. Selalu fokus pada hal-hal baik
Menurut sebuah pemelitian di Florida State University, hal buruk lebih kuat daripada yang baik. Tetapi hal itu tidak berlaku bagi orang-orang yang memiliki tingkat keyakinan tinggi.
Â
Orang-orang yang optimis cenderung fokus pada sejumlah hal baik di tempat kerja. ingat, berbagai kejadian negatif dapat membuat otak Anda sulit berkembang dan menghambat karir di kantor.
Â
3. Jauh lebih tenang
Di kantor, berbagai beban kerja yang menimpa dapat dengan mudah membuat Anda merasa stress. Apalagi mengingat realitas dunia kerja saat ini yang cenderung dipenuhi emosi negatif.
Â
Namun orang-orang yang optimis pada hasil pekerjaannya cenderung mampu melatih diri untuk lebih tenang dan tidak diburu emosi.
Â
4. Selalu memiliki mimpi yang besar
Bermimpi berarti mempercayai impian tersebut. Banyak penelitian yang menemukan seorang anak kecil yang yakin dirinya akan mencapai satu tujuan di masa depan selalu berhasil mencapainya. Kuatnya kepercayaan terhadap mimpi tersebut membuat banyak orang berani membayangkan kesuksesan dan berusaha keras mencapainya.
Â
5. Selalu menghindari konflik di tempat kerja
Sifat optimis pada diri seorang pegawai membuatnya lebih memilih bergaul dengan rekan kerja yang suportif di kantor. Hal itu dianggpnya dapat meningkatkan produktivitas dan membuat perasaan menjadi lebih bahagia di kantor. (Sis/Ndw/liputan6.com)