5 Kegiatan Online yang Kerap Dilakukan Pelaku Industri RI

Rabu, 15 Januari 2014 14:54

BERTUAHPOS.COM, Jimbaran : Badan Pusat Statistik (BPS) menggandeng Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) untuk menggelar penelitian mengenai penggunaan internet pada sektor industri Tanah Air.
Hasil penelitian tersebut menunjukkan mayoritas atau tepatnya 95,75% pelaku industri di Indonesia telah menggunakan internet untuk berkirim surat elektronik (email).
Lewat penelitian bertajuk Penggunaan dan Penyerapan Sarana Komunikasi dan Teknologi Informasi (P2SKTI) juga ditemukan bahwa para pengguna internet di sektor industri juga sangat gemar menambah pengetahuan secara online. Terbukti, sebanyak 78,49% pelaku industri mengaku memanfaatkan internet untuk mencari berita dan informasi.

Sementara itu kegiatan penggunaan internet lain yang paling banyak dilakukan di sektor industri adalah pencarian barang dan jasa sebanyak 77,81%.

Berikutnya internet juga difungsikan untuk membidik tender di lembaga pemerintahan dengan jumlah pengguna sebesar 65,07%.

Terakhir, layaknya konsumen perorangan dan rumahan, para pelaku industri juga menggunakan internet untuk mengakses media sosial. Terbukti penggunaan tersebut menempati posisi kelima dalam laporan P2SKTI.

Baca: Aneh Bin Ajaib, Sudah Tahunan Galian C Ini Beroperasi Tetapi Belum Tersentuh Hukum

Penelitian tersebut digelar di 78 kabupaten/kota yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia. Lebih spesifik penelitian tersebut fokus mengamati pemanfaatan internet di sektor pariwisata (hotel dan restoran), industri sedang dan besar.

Sekadar informasi, penelitian BPS bersama APJII ini dilakukan pada sejumlah kelompok industri lewat wawancara tatap muka antara peneliti dengan responden. Penelitian tersebut digelar dalam kurun waktu Juli hingga Desember 2013.(Sis/Nrm/liputan6.com)